Kenikmatan Soto Nusantara yang Menyegarkan

0
88
Foto: Andri Cipto Utomo

Soto atau coto dalam bahasa Makassar maupun sroto sebutannya di Banyumas, rasanya sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kuliner kita. Betapa tidak, di berbagai wilayah nusantara,  soto hadir dalam berbagai rupa dan kreasi.

Di Jakarta misalnya, kandungan santan dan susu yang terdapat pada soto Betawi, membuat rasanya begitu gurih. Sementara soto Padang memiliki kuah yang cenderung lebih bening. Berisi soun ataupun bihun yang dilengkapi dengan dendeng dan kerupuk merah khas masakan Padang.

Di negeri ini, soto memang dengan mudahnya dapat ditemui, dari gerobak-gerobak pinggir jalan hingga restoran berbintang kelas wahid. Tentu karena penggemar soto tidak dibatasi oleh strata sosial tertentu.

Dan untuk menikmatinya tak perlu waktu khusus, pagi, siang bahkan malam, soto memang selalu nikmat untuk disantap. Demikian juga dengan acara pernikahan, soto menjadi salah satu pilihan menu dalam makanan gubuk/stall.

Walau negeri ini banyak sekali menyimpan resep soto, namun soto sendiri konon berasal dari negeri Tirai Bambu, Cina. Paling tidak demikian yang diungkapkan Dennys Lombard, dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya.

Dennys mengungkapkan bila asal mula soto adalah makanan Cina yang bernama caudo dan pertama kali popular di Semarang. Dari caudo, lambat laun menjadi soto. Orang Makassar menyebutnya coto, orang Pekalongan menyebutnya tauto, bahkan beberapa tempat menyebutnya sauto.

Keberadaan soto di berbagai wilayah nusantara tidak terlepas dari penyebaran manusia. Karena itu ada soto madura, soto lamongan, soto banjar, soto betawi dan lain sebagainya. Tentu semua soto tersebut telah disesuaikan dengan lidah masyarakat setempat hingga bisa diterima dan dipertahankan hingga saat ini. Termasuk kuah dan isi yang terdapat dalam komposisi soto.

1Soto Padang

Ciri-cirinya terletak pada kerupuk merah khas masakan Padang. Selain berisi bihun dan daging has, biasanya soto padang juga menghadirkan perkedel pada setiap sajiannya. Kuahnya sendiri cenderung kuning bening karena memang menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbu.

Back

LEAVE A REPLY