Siap-Siap Lahap Sajian Kuliner Khas Cirebon, Docang

0
42

Jika menikmati makanan yang unik dan khas adalah salah satu kesukaan kalian, pastinya docang menjadi makanan yang wajib dicicipi. Seberapa uniknya?

Lalu darimana asal Docang?

Pastinya makanan ini berasal dari Jawa Barat, tepatnya di Cirebon. Cirebon sendiri memang menjadi salah satu kota yang memang punya banyak sekali kuliner yang terkenal.

Deretan itu terdiri dari empal gentong, nasi kacang, dan tahu gejrot. Dan Docang menjadi salah satunya.

Tapi sebenarnya, Docang itu makanan apa, sih?

Secara bahasa, ‘Docang’ berasal dari singkatan bahasa Cirebon sendiri yang terdiri dari dua kata, ‘bodo’ dan ‘kacang’. Makanan tradisional ini terbuat dari campuran potongan lontong, parutan kelapa, daun singkong, daun kucai, toge dan kerupuk.

Mantap, bukan! Hehehe…

Nah, cara pembuatannya sendiri terbilang simpel dan unik.

Deretan campuran bahan-bahan tadi disiram dengan kuah dage atau sayur oncom yang berwarna kemerahan (terbuat dari ampas tahu), lalu dicampur dengan kacang tanah yang dihaluskan, lalu dicampur dengan parutan kelapa muda.

Makanan yang sekilas mirip ketoprak ini biasa disajikan di piring dengan tambahan kerupuk barengan sambal. Alhasil rasanya pun jadi pedas! Hahaha…

Oh iya, kadang docang juga mirip lontong sayur.

Tapi tetap saja sih kalau dilihat dari bahan-bahannya jelas berbeda. Rasanya pun juga berbeda jauh dengan lontong sayur. Lebih jelasnya, rasa docang tak terlalu pedas tapi segar, apalagi karena kuah yang panas dan gurih.

 

Makanan Wali Songo

Bicara tentang sejarah, docang nyatanya sudah eksis sejak Wali Songo menyiarkan agama Islam di area Cirebon dan sekitarnya. Dan serunya, ternyata docang adalah makanan yang dibuat justru untuk meracuni para Wali Songo! Duh…

Kok bisa, ya?

Jadi ceritanya begini, menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat, ada seorang pangeran bernama Pangeran Rengganis yang tidak menyukai keberadaan Wali Songo.

Ketidaksukaan pangeran tersebut memicunya untuk meracuni para wali dengan membuat sebuah masakan, docang menjadi pilihan makanan yang disajikan untuk para wali.

Baca Asyik! Kulik-Kulik Nikmat Pedasnya Sambal Matah

Sang pangeran memberikan sajian docang ke para wali yang saat itu lagi berkumpul di Masjid Sang Cipta Rasa. Dengan lahap, para wali memakan makanan tersebut tanpa tahu kalau docang tersebut beracun.

Ajaibnya, bukannya keracunan, para wali malah ketagihan dengan sajian docang!

Berkat kisah legenda tersebut, docang pun resmi menjadi kuliner khas Cirebon dan melekat dengan sosok Wali Songo.

Jika sedang berada di Cirebon, coba deh dicek beberapa area seperti area alun-alin Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dan jalan Kesambi, karena biasanya disitu banyak sekali penjual docang. Demikian dilansir dari goodnewsfromindonesia.id.

 

 

 

 

O.J.

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Foto: Prima Rasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here