Wah! 3 Sajian Kuliner Khas Makassar Ini Legit Banget

0
12

Jalan-jalan ke Makassar? Nanti dulu. Tunggu kondisi pandemi lebih aman dan kondusif. Pastinya 3 kuliner khas Makassar ini bisa di-order, kok. Eh, bisa gak, ya?

Ya, Makassar bukan sekadar daerah saja di Negeri Nusantara ini.

Jika telinga mendengar tempo hari dengan kata ‘Sop Konro’, ‘Coto Makasar’, atau  ‘Pisang ijo’, wah, nyatanya Makassar punya deretan sajian kuliner yang lebih banyak lagi!

Misalnya?

 

PISANG EPE

Jika bosan dengan pisang goreng – apapun rupanya, hahaha, nah, pisang satu ini beda.

Panganan yang terbuat dari pisang ini jadi salah satu kuliner khas Makassar. Saking khasnya makan ini bisa ditemui di sepanjang Pantai Losari!

Duh, bikin ngiler. ya!
(Foto: makanabis)

Ya, deretan pedangan dengan gerobak menjual Pisang Epe. Pisang yang dibuat dari pisang kepok setengah matang ini memang punya rasa yang khas banget.

Cara bikinnya pun unik dan seru.

Taruh pisang di panggangan di atas bara api hingga setengah matang. Sekelarnya dipanggang, dipukul-pukul pakai alat pemukul hingga gepeng, lalu pisang dipanggang lagi hingga terlihat renyah.

Nah, pas sudah matang, pisang disiram gula merah cair. Duh, kebayang gak, sih, nikmatnya!

Biasanya, nih, biar rasanya seru dan beda, toping bisa sesuai selera. Seperti  keju, coklat, ceres atau rasa orisinil juga oke!

 

JALANGKOTE

Suka pastel? Nah, tampilan Jalangkote ini mirip banget dengan pastry tersebut.

Jalangkote sendiri terbuat dari bahan dasar kulit sebagai pembungkusnya. Isinya memang persis pastel. Ada wortel, kentang, daging, telur, tauge serta soun.

Doyan gorengan? Pasti doyan ini…
(Foto: grabfood)

Oh ya, pastinya, makanan khas Makassar ini paling terasa nikmat jika disantap pas sedang panas-panasnya. Tambah lagi, aromanya bikin lidah langsung menjulur keluar mulut!

Santap deh dengan teh manis panas. Alamak!

 

Baca Wow! Saatnya Lahap 4 Soto Nusantara Nan Mantap Ini

 

SONGKOLO BEGADANG

Namanya memang unik, ya! Tradisional banget. Ada sejarahnya sih, jadi makanan pastinya dijual saat malam hingga ke dini hari. Ya, warung-warung yang menjual sajian ini memang buka sampai pagi hari.

Mereka yang memakan Songkolo adalah orang-orang yang sedang begadang. Jadilah sebutannya ‘Songkolo Begadang’! Hahaha…

Makanan orang-orang begadang, nih! Persis sebutannya…. Hahaha!
(Foto: grabfood)

Mirip Nasi Kucing, sekilas tampilannya biasa saja, tapi warna coklat yang tersembul dari dalamnya bikin penasaran.

Songkolo atau biasa juga disebut ‘sokko’ memang jadi sajian khas Makassar. Makanan ini terbuat dari beras ketan hitam yang ditambahi taburan serundeng atau parutan kelapa yang sudah disangrai.

Oh ya, jangan lupa, ada sajian ikan asin atau ikan teri dan ehem… sambal di dalamnya!

Seiring waktu, sekarang makanan ini juga bisa didapat pas siang hari.

 

Nah, gak mesti ke Makassar, mungkin kita bisa bikin atau curi-curi resepnya dari mereka yang ngeh dengan deretan sajian khas Makassar ini. Ada teman atau tetangga orang Makassar, kan?

 

 

 

 

O.J.

Berbagai sumber

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here