Kuliner Khas Makassar yang Patut Dicoba

0
89
Kuliner khas Makassar
iyaa.com

Berlibur ke Makassar merupakan salah satu tujuan wisata alternatif favorit bagi banyak para pelancong. Mereka tak hanya ingin menikmati keindahan alam pantai dan pegunungan yang ada di Makassar, melainkan juga ingin menyaksikan langsung berbagai adat istiadat termasuk ragam budaya serta kuliner khas Makassar.

Tapi kurang afdol kalau ke Makassar belum blusukan menemukan makanan khas Makassar yang istimewa. Berikut beberapa rekomendasi kuliner istimewa kota angin Mamiri tersebut?

Referensi Kuliner Khas Makassar

Sop Konro
Sop iga adalah salah satu kuliner khas Makassar. Konro adalah makanan berbahan dasar iga segar dengan cita rasa yang segar dan empuk. Kuahnya sangat kental dengan bumbu rempah karena mengandung kluwak sehingga terlihat lebih hitam. Jangan lupa nikmati sop konro ini dengan  nasi atau ketupat serta sambal toge yang nikmat.

Konro Bakar
Nah, kalau tidak mau konro yang berkuah, Anda bisa mencoba konro yang dibakar. Rasannya tentu sangat lezat. Daging iganya dibakar dengan bumbu rempah yang khas dan berlumeran ke sekujur potongan daging. Apalagi saat disajikan dalam bentuk potongan yang besar dan bumbu yang meresap sampai ke serat daging yang sempurna. Makanan khas Makassar ini nikmat disantao dengan nasi putih yang hangat dan sambal toge.

Coto Makassar
Coto atau soto Makassar adalah makanan berkuah yang sangat khas. Berbeda dengan Soto Madura atau Soto Kudus, Coto Makassar dimasak dengan bumbu rempah yang kental. Isian coto adalah jeroan sapi yang dipotong kecil dan direbus hingga dagingnya lunak serta lembut saat digigit. Jangan lupa makan Coto Makassar dengan nasi hangat atau ketupat. Sebagai pelengkap tambahkan jeruk nipis, sambal, atau bawang goreng.

Mie Titi
Anda pencinta kuliner berbahan dasar mie? Kalau gitu mie Titi harus Anda coba. Bahan yang dipakai adalah mie kering yang digoreng. Setelah digoreng, kemudian disiram dengan kuah kental dengan tambahan sayuran hijau, telur, daging ayam dan udang yang dipotong-potong kecil. Kalau doyan pedas tinggal tambahkan cabai saja ya biar makannya semakin lahap.

Ragam Kudapan dari Pisang

Pisang Ijo
Kudapan ringan ini bernama pisang ijo. Pisang raja yang berselimut adonan tepung berwarna hijau ini terkenal sangat lembut dan empuk rasanya. Apalagi bila dibenamkan ke dalam bubur sumsum dengan tambahan sirup warna merah serta es batu yang segar. Kalau mau topping tambahan bisa susu cair dan keju. Rasanya pasti makin mantap dan nikmat.

Pisang Epe
Menu terakhir yang juga kudu Anda cicipi di Makassar adalah pisang epe. Kudapan ini bisa dengan mudah Anda jumpai di sepanjang Pantai Losari. Pisang epe dibuat dengan cara menjepit pisang hingga berbentuk pipih. Selanjutnya dibakar dan diberi topping sesuai selera, misalnya keju, coklat, susu, dan durian. Rasanya sudah pasti nendang banget!

ALI IMRON H | TR

Baca juga: Mencicipi Sembilan Kuliner Palembang yang Lemak Nian

LEAVE A REPLY