Lima Kuliner khas Pulau Dewata Bali yang Paling Populer

0
109
kuliner khas bali
(Kiri) Sate lilit bali - (Kanan) Bubuh injih - Dok. Majalah Mahligai.

Kurang lengkap rasanya bila menjelejahi suatu daerah tanpa mencicipi kuliner khas setempat. Apalagi jika berkunjung ke salah satu surga wisata andalan Indonesia, Pulau Bali. Selain memiliki pemandangan pantai dan pedesaaan yang eksotis, Bali juga menjadi surga kuliner yang tak boleh Anda lewatkan.

Mencicipi masakan Bali seolah menyadarkan kita akan kekayaan rempah yang dimiliki bumi pertiwi. Rasanya sangat khas, agak pedas, dan kuat, karena bumbuu pada masakan Bali dominan mengandung aneka bumbu keras seperti lengkuas, cabe, dan aneka rempah. Jadi, bila Anda berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mencicipi lima kuliner khas yang populer berikut ini.

1. Ayam Pelalah

Ayam suwir yang satu ini memiliki rasa pedas yang lezat. Mitosnya, zaman dahulu ada sekelompok sekte di Bali yang hobi berpesta, mabuk, madat dan lainnya. Nah sambal pada ayam pelalah ini dipengaruhi oleh sekte itu.

Namun sebenarnya, rasa pedas ayam ini berasal dari cabai, bawang merah, serai, terasi yang merica – yang seluruhnya mentah. Lazimnya, ayam pelalah disajikan sebagai teman makan nasi campur. Bagi penyuka masakan pedas, wajib rasanya untuk mencicipi ayam pelalah khas Bali ini.

2. Sate Lilit

Sate lilit dibuat dengan sembilan jenis bumbu dapur yang dicampur ke dalam cacahan daging atau ikan. Selain bawang putih dan bawang merah, kenikmatan cita rasa sate lilit juga dihasilkan dari perpaduan bumbu rempah ketumbar, kemiri, lada, daun jeruk, pala, jintan, jahe serta kunyit. Di Balii, sate lilit juga kerap muncul dalam upacara tradisional seperti perayaan Galungan.

Sate lilit biasanya disajikan bersama tiga macam saus. Selain saus kacang, kuliner ini juga lebih asyik disantap bersama saus lada hitam serta sambal dabu-dabu. Rasa rempah yang kuat pada sate lilit ini begitu pas untuk ‘menghangatkan’ tubuh di saat cuaca mendung atau hujan.

3. Bebek Betutu

Mungkin Anda sudah tak asing lagi dengan kuliner khas Bali ini. Bahkan saking populernya, sudah banyak gerai makanan di luar Bali yang menyediakan menu bebek betutu. Salah satu keunikan bebek betutu ada pada proses memasaknya yang konvensional. Bebek yang telah diberi rempah-rempah dimasak dengan cara dimasukan dalam lubang tanah dimana di bagian atasnya diletakkan bara sekam padi.

Perpaduan aroma tanah yang gurih dan sekam yang harum saat dibakam membuat aroma bebek betutu kian menggunggah selera. Namun sayangnya karena dianggap kurang higienis, proses memasak bebek betutu sudah banyak beralih menggunakan oven.  Meskipun harumnya berbeda, namun tidak mengubah tingkat kematangan dan cita rasa bebek betutu.

4. Nasi Bali

Nasi rames Bali, nasi campur Bali, atau nasi Bali, merupakan salah kuliner khas yang digemari oleh wisatawan. Seperti halnya nasi rames yang sering kita temui di Pulau Jawa, nasi Bali terdiri dari nasi putih dan campuran porsi kecil lauk pauk dan sayuran khas.

Untuk variasi lauk terdiri dari ayam betutu suwir, daging plecing, telor pindah, dan sambal matah. Sedangkan untuk sayuran ialah sayur lawar, panganan khas Bali ini terbuat dari berbagai bahan seperti kacang panjang dan nangka.

5. Bubuh Injiin

Jika sudah puas berwisata kuliner di Pulau Dewata, jangan lupa tutup dengan mencicipi hidangan penuci mulut, bubuh injin. Kuliner yang terbuat dari bubur ketan hitam yang disiram santan ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Konon, setiap orang yang baru mencicipi bubuh injin akan langsung jatuh cinta dan ketagihan pada santapan yang satu ini. Kalau Anda tidak percaya, silahkan cicipi sendiri saja! (*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here