Lima Kuliner Favorit yang Khas dari Tanah Pasundan

0
55
karedok
Karedok - dok. Mahligai

Masakan Sunda memang identik dengan lalapan dan sambal. Dua menu pelengkap ini seolah menjadi kuliner wajib bagi orang Sunda. Lalapan yang berupa sayuran ini konon indentik dengan kebiasan orang Sunda yang suka memang menyukai beragam jenis sayuran. Sedangkan menu sambal konon dikonsumsi karena bertujuan untuk menghangatkan tubuh mengingat iklim tanah Pasundan yang lumayan dingin.

Namun selain lalapan dan sambal ternyata ada beragam jenis kuliner favorit yang khas dari Tanah Pasundah. Saking favoritnya, Anda bahkan bisa menemui menu-menu ini di daerah lainnya. Apa saja ya menu favorit tersebut? Mari kita simak bersama!

Batagor

Batagor adalah kependekan dari bakso tahu goreng. Meskipun kini banyak sekali penjual yang menghadirkan variasi menu tambahan selain bakso tahu goreng, seperti kerupuk pangsit atau otak-otak. Biasanya batagor ditemani dengan saus kacang dan tambahan saus jika ingin cita rasa pedas.

Karedok

karedok
Karedok – Foto: Dok. Mahligai

Jika orang Betawi memiliki kuliner khas gado-gado, maka orang Sunda memiliki kuliner khas karedok. Ya, makanan khas Sunda ini  memang terbilang mirip dengan gado-gado, namun perbedaannya ada pada bahan-bahan yang disajikan mentah alias tanpa dimasak. Biasanya karedok terdiri dari campuran sayur kacang panjang, mentimun, tauge, kol, dan terong hijau.  Meskipun karedok ini sama-sama menggunakan saus kacang sebagai dressing, namun bumbu karedok terasa lebih menyegarkan karena campuran kencur yang khas.

Nasi Tutug Oncom

Foto: Dok. Mahligai

Kata tutug berasal dari Bahasa Sunda yang artinya menumbuk. Nama ini mengacu pada proses pembuatan nasi yang dibuat dengan mencampur dan menumbuh nasi dengan lauk lain seperti oncom. Di Taksimalaya, olahan khas tersebut dikenal dengan nama nasi tutug oncom.

Cara pembuatan nasi tutug oncom ini terbilang cukup mudah lho. Pertama, haluskan bumbu berupa bawang putih, kencur, dan cabe. Lalu ditambah oncom Bandung yang telah diulek kasar, kemudian masukan nasi hangat dan aduk rata. Sajikan dan nikmati segera selagi hangat.

Colenak

colenak
Colenak – Foto: Dok. Mahligai

Orang Sunda nampaknya kreatif sekali dalam membuat nama masakan ya. Terbukti dengan penamaan kuliner colenak yang berarti kependekan dari dicocol enak. Bahan utama colenak adalah peyeum atau tape singkong yang dibakar, kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah.

Asinan

Asinan merupakan kuliner dengan campuran tauge, sawi asin, kol. timun, ditambah kacang tanah dan kuah yang terasa sangat menyegarkan. Asinan paling nikmat disantap saat cuaca panas di siang hari sebagai dessert atau hidangan penutup. Dalam perkembangannya asinan juga bisa berupa campuran buah-buahan seperti mangga, jambu air, dan kedondong. (*)

 

Teks. Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY