Lima Kuliner Medan Melayu dengan Cita Rasa Menggoda

0
43
roti jala
Roti Jala - Instagram | ummikitchen88

Medan punya julukan sebagai kota sejuta rasa. Pasalnya, ibu kota Sumatra Utara ini dihuni oleh orang dari berbagai suku dan bangsa, seperti Medan, Melayu, Batak, Mandailing, Karo, Jawa, Tionghoa, India dan Minang. Sehingga tak heran, bila Medan menawarkan aneka jenis kuliner yang menggugah selera.

Sedangkan makanan Medan Melayu sendiri merupakan makanan yang banyak mendapat pengaurh dari etnik Tionghoa dan India. Hal nyata terlihat dari pengaruh tersebut adalah rasanya yang kaya akan bumbu yang tersaji dalam kuah kental dan pedas. Demikian juga dengan rasa kari yang mengingatkan akan lekatnya sentuhan India.  Berikut ini kami sajikan lima kuliner ala Medan Melayu yang layak Anda coba.

1. Roti Jala

Roti jala merupakan kuliner asli India yang hadir di Indpnesia dengan dibawa oleh pedagang Gujarat. Sebutannya boleh saja roti, tapi rasanya tidak manis layaknya roti kebanyakan bahkan cenderung pedas. Sebab roti berbentuk jala ini tidak dicampur cokelat atau keju melainkan kari atau gulai kambing.

2. Mie Keling

Meskipun resep aslinya berasal dari India, namun jenis makanan ini begitu melekat dengan kota Medan. Awal mulanya, mie keling dijual oleh orang peranakan India yang notabene memiliki kulit berwarna gelap alias keling. Karena itulah, mie ini disebut mie keling.

Namun tak seperti mie rebus kebanyakan yang sering dijumpai, mie keling dicampur dengan tauge dan memiliki kuah yang agak kental serta warna yang menyerupai sambal kacang. Kompisisinya antara lain adalah udang kerupuk  giling. Karena itulah rasanya tak hanya gurih namun ada sedikit rasa manis dan asam. Biasanya mie keling akan disantap dengan irisan telur serta kerupuk. Tak lupa juga diberi taburan daun bawang dan seledri.

3. Jus Terong Belanda

Jus Terong Belanda
Jus Terong Belanda – Instagram

Namanya boleh saja terong belanda, tapi pemilik nama latin cyphomandra betacea ini tidak termasuk dalam keluarga terong, melainkan tomat. Mengenai nama embel-embel nama Belanda tak jelas dari mana asal mulanya. Namun diperkirakan, masuknya buah ini dibawa oleh penjajah Belanda.

Dari segi warna, terong belanja juga sedkit seperti tomat yang berwarna merah agak kekuning-kuningan. Di Medan, jus terong belanda amat digemari dan begitu identik dengan kota Medan. Sekilas tampilan jusnya seperti jus jambu biji, namun bila diicip terong belanda memiliki rasa yang sedikit asam nan mneyegarkan dan kaya vitamin C.

4. Lapet

Lapet memang bukan kue asal Melayu Medan melainkan makanan khas Batak. Namun bagi Anda penggemar makanan yang gurih dengan rasa kelapa nan santer makanan ini patut dicicipi.  Lazimnya sebuah lapet, ia memiliki bentuk limas yang kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

Komposisi lapet biasanya terdiri dari tepung beras, kelapa parut kemudian dicampur gula dan air. Selain dimakan sebagai teman minum teh minum kopi, lapet biasanya disajikan saat acara-acara tertentu, seperti pernikahan contohnya.

5. Lontong Sayur Medan

Tak seperti lontong sayur khas Padang maupun Betawi yang sepi akan isi, lonsotng sayur Medan memiliki isi yang beragam. Selain lontong disiram kuah kental bercita rasa kari, rendang daging menemaninya sebagai lauk. Kemudian ditambah dengan seidikit teri kacang dan kering tempe serta taburan serundeng di bagian atas.

Layaknya kari, kuah lontong berasal dari santan yang ditambah irisan labu dan wortel serta racikan rempah yang membuat warnanya bernuansa kuning dan oranye. Tentunya apabila Anda penyuka makanan pedas, lontong sayur Medan ini layak untuk dicicipi.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY