Lima Kuliner Salad Khas Indonesia yang Serupa Tapi Tak Sama

0
297
karedok
Karedok - Instagram | baehakihariri

Salad merupakan hidangan yang terbuat dari bahan-bahan seperti sayuran hijau segar, buah, daging, unggas dan ikan. Biasanya, salad dinikmati dengan tambahan saus mayones sebagai pembangkit selera makan. Selama ini, kita mengenal salad sebagai menu khas a la western. Namun siapa sangka jika di Indonesia sendiri ada beragam salad yang tak kalah lezat dan menyehatkan dari salad a la hidangan barat.

Meskipun sekilas hampir mirip, namun tetap saja ada beberapa perbedaan dari salad khas Indonesia ini. Mari kita cari tahu bersama!

1.  Pecel

pecel madiun
Instagram | barndoboscafe

Ada begitu banyak jenis pecel yang ada di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah pecel Madiun khas dari Jawa Timur. Sekilas, pecel agak mirip dengan gado-gado. Namun jika Anda mencium kuliner ini, maka aroma daun jeruk yang khas akan terasa. Ada pula yang menambahkan daun kemangi pada pecel.

Perbedaan lain, pecel hanya berisi sayuran tanpa ada tempe, tahu, atau kentang seperti gado-gado. Salah satu sayuran khas yang ada pada pecel ialah daun singkong rebus bahan lainnya diantaranya seperti kecambah, kacang panjang, bunga turi, dan bayam. Pecel biasanya akan disantap dengan rempeyek atau kerupuk udang sebagai pelengkap.

2. Karedok

karedok
Karedok – Instagram | baehakihariri

Tak sulit untuk membedakan karedok dari salad khas Indonesia lainnya. Ya, makanan khas Sunda ini memiliki ciri khas pada bahan-bahan yang disajikan mentah alias tanpa dimasak. Biasanya karedok terdiri dari campuran sayur kacang panjang, mentimun, tauge, kol, dan terong hijau.  Meskipun karedok ini sama-sama menggunakan saus kacang sebagai dressing, namun bumbu karedok terasa lebih menyegarkan karena campuran kencur yang khas.

3. Lotek

Lotek amat mirip dengan karedok. Namun bedanya, isian lotek sudah dimasak terlebih dahulu. Kuliner khas dari Jawa Barat ini terdiri dari bayam rebus, tomat, timun, tauge rebus, tahu goreng, tempe goreng dan lain-lainnya lalu dicampur dengan ulekan bumbu kacang. Persamaan karedok dengan lotek ialah penggunaan kencur pada bumbu kacangnya. Siapa diantara Anda yang pernah mencicipinya?

4. Gado – Gado

gado - gado
Gado-gado – Instagram | luvinary_club

Tak sulit menemui kuliner asli Betawi ini di Ibu Kota, mulai dari menu gado-gado yang dijual di kaki lima hingga yang disediakan pada menu restoran bintang lima. Gado-gado terdiri dari campuran sayur yang direbus seperti kangkung, bayam, labu siam dan kol, lalu ditambah tahu dan tempe goreng serta kentang rebus, dan telur rebus.

Kemudian, campuran bahan tersebut dicampur dan disiram dengan saus kacang, gula merah, cabai, garam, air asam jawa, terasi, dan cabai. Dari segi tampilan, gado-gado memang terlihat lebih ‘ramai’ karena banyaknya bahan yang digunakan pada menu ini.

5. Rujak Cingur

Bisa dikatakan, rujak cingur merupakan salad khas Indonesia yang paling mudah dibedakan diantara menu yang sudah kami sebutkan di atas. Pasalnya, isian rujak cingur amat beragam, mulai dari buah-buahan, sayuran matang, dan tentu saja potongan cingur atau lidah sapi. Kuliner ini merupakan salah satu menu khas dari Jawa Timur. Jadi, jika Anda berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mencicipi hidangan rujak cingur ini ya!(*)

 

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here