3 Makanan Khas Bangka Belitung Ini Menggoda Banget

0
23

Bangka Belitung menyimpan banyak ‘harta’ selain berbagai pemandangannya. Ya, kuliner alias makanan khasnya pun berseliweran. Seperti 3 Makanannya ini…

Bangka Belitung memang menyimpan keindahan alam yang unik. Jangan salah, wilayah ini tak hanya tentang saja, ada aneka jenis kuliner yang menggugah selera!

Ya, mungkin sekarang kita gak bisa jalan-jalan ke sana, tapi mungkin kita bisa bikin daftar makanan khasnya yang akan dilahap jika kesana pada akhirnya.

Apa saja itu?

 

Mie Koba

Makanan laut alias seafood memang jadi andalan Bangka Belitung. Tapi jelasnya, gak melulu tentang makanan laut.

Siapa penggemar mie?

Nah, menu khas Bangka Belitung ada juga yang mie!

Duh, awas lidah bisa ngeces….
(Foto: visitbangkabelitung)

Namanya Mie Koba yang terhitung ‘legend’ banget!

Nah, kedai Mie Koba asalnya dari daerah Koba di Bangka Tengah. Karena begitu terkenalnya, kedai ini kemudian membuka cabang di Jalan Balai Pangkal Pinang, provinsi Bangka Belitung.

Oh iya, letaknya gak begitu jauh dari Bandara Depati Amir. Jadi, setibanya di Bangka, sebaiknya cicipi dulu mie Koba-nya.

Awas nambah!

 

 

Seafood 
Ngomong-ngomong menu khas yang sudah melegenda banget, ada nih, satu tempat makan makanan laut yang wajib.

Apalagi kalau tanya ‘Dimana sih tempat makan seafood yang enak di Bangka?’ Nah, pasti jawabannya kedai atau resto seafood Mr. Asui ini.

Kerennya, kedai ini sudah jadi ikon kuliner untuk makanan laut di Pangkal Pinang!

Jadi ya gak heran, untuk mendapati kedai seafood ini gak susah-susah banget. Meski letaknya ada di dalam sebuah gang, namun semua orang sudah paham jalan menuju kedai ini. Tepatnya di Jalan Kampung Bintang.

Suka yang asam tapi manis? Ini dia!
(Foto: kompasiana – Ferano Gustiandi)

Menu andalannya? Beragam.

Ada Ekor Tenggiri Bakar, Udang, Kepiting Asam Manis dan deretan makanan laut  lainnya. Tampilan kepiting bumbu asam manisnya bikin ngiler banget! Warna kepiting yang kemerahan pasti membuat lidah langsung terjulur indah… Duh!

Oh ya, jangan salah. Kepiting yang dimasak benar-benar kepiting segar hasil tangkapan, loh, ya!

 

Baca Ini Dia! 5 Kuliner Khas Jepara Asal R.A. Kartini

 

Kwetiau Kuah Ikan

Selain Mie Koba, Kwetiau Kuah Ikan juga wajib masuk dalam daftar kuliner kamu. Karena rasa kwetiau-nya beda dengan kwetiau sejenis yang sering kita jumpai di Jakarta. Ukuran kwetiau-nya lebih pipih dan kecil. Warna kwetiaunya lebih bersih dari kebanyakan kwetiau yang ada dipasaran.

Tahan lapar? Yakin?
(Foto: newyorkfood.typepad)

Yang bikin kwetiau semakin berbeda dengan yang lainnya adalah kuah yang ada pada kwetiau tersebut benar-benar bersumber dari kuah ikan yang sudah dimasak. Bumbu dan rasanya benar-benar meresap sampai tetesan kuah terakhir!

 

 

Tim Mahligai Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here