Makanan Khas Nusantara yang Menggoda Selera

0
590
makanan khas nusantara
Foto: Dok. Mahligai Indonesia

Indonesia sangat kaya akan beragam masakan khas nusantara yang sangat menggoda untuk dinikmati. Setiap daerah pasti memiliki makanan ikonik tersendiri yang patut Anda coba jika suatu saat berkunjung. Berikut beberapa makanan ikonik yang patut Anda cicipi:

Sop Buntut Jakarta

Masakan berkuah kaldu bening ini menjadi salah satu menu ikonik asal Betawi sejak dulu. Konon sop dari irisan daging buntut sapi ini berawal dari masa kolonial Belanda. Pada saat itu masyarakat Jakarta hanya mampu membeli tangkar (tulang iga), buntut dan kaki sapi yang hanya memiliki sedikit daging. Siapa sangka, ternyata olahan pada masa itu telah menjadi sajian favorit hingga sekarang.

Baca Artikel Ini: Ngidam Sop Buntut, Cobain Rekomendasi Sop Buntut Di Sini

Lumpia Semarang

Kulit lumpia terbuat dari tepung gandum, kemudian diisi dengan berbagai macam sayuran segar dan daging. Biasanya lumpia memiliki cita rasa gurih dan asin. Kualitas kulit dan pengolahan bahan isi lumpia menjadi kunci kenikmatan makanan khas Semarang ini. Ada dua jenis lumpia yang bisa Anda cicipi jika datang ke Semarang, yakni lumpia goreng dan lumpia basah.

Lempah Ikan Tenggiri dengan Belimbing Wuluh

Ini merupakan sajian makanan laut khas Pulau Bangka Belitung yang menggunakan ikan kakap atau tenggiri sebagai bahan utamanya. Bayangkan lezatnya ikan kakap atau tenggiri yang dilumuri dengan kuah bumbu kuning kemerahan dari kunyit dan cabai, serta ditambahkan irisan belimbing wuluh dan nanas yang memberikan aroma dan rasa yang segar. Hmm, yummy!!

Otak – Otak Kipas

Rasa gurih yang khas dari menu masakan berikut ini akan menjadi petualangan kuliner yang mengasyikkan. Otak-otak ikan tenggiri salah satu olahan ikan laut yang banyak dijumpai di kawasan pantai seperti jalur Pantura dan daerah pesisir.

Sayur Kacang Base Genep

Base genep merupakan bumbu inti Bali yang digunakan untuk memasak sejumlah masakan khas Bali. Bumbu terbuat dari bumbu dapur lengkap seperti bawang merah dan putih, jahe, laos, kencur, kunyit, sereh, cabai rawit, kemiri, serta berbagai jenis rempah-rempah.

Bebek Kremes

Menu bebek goreng dengan taburan kremes kini cukup populer di sejumlah daerah dan kota besar, termasuk Jakarta. Konon, bebek goreng kremes asal muasalnya dari Surabaya, yang kemudian menyebar dan digemari hingga ke daerah dan kota lainnya.

Teks: Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here