Beragam Makanan Khas Solo yang Harus Anda Coba!

0
130
makanan khas solo yang patut Anda coba
Makanan Khas Solo - Foto: Dok. Mahligai Indonesia

Jelajah kuliner menjadi salah satu agenda tak terlupakan ketika sedang berjalan-jalan ke sebuah tempat. Nah, jika Anda sedang berencana atau sedang berada di Solo, ada beberapa tempat legendaris dengan berbagai makanan khas Solo yang enaknya juara! Kira-kira apa saja yang bisa Anda coba di kota budaya yang satu ini?

Nasi Liwet

Belum pas rasanya jika Anda datang ke Solo tapi belum mencicipi makanan khas Solo yang paling terkenal ini. Nasi liwet dimasak dengan campuran kaldu ayam sehingga rasanya sangat gurih dan beraroma lezat. Kemudian, nasi liwet disajikan dengan sayur labu siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam suwir dan kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Nasi liwet makin terlihat istimewa ketika disajikan dengan daun pisang yang dipincuk.

Banyak tempat yang menyajikan nasi liwet, buka hanya di pagi hari atau malam hari. Salah satunya adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon yang buka mulai jam 18.00 WIB. Harga bervariasi, sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 setiap porsi.

Timlo Solo

Ini merupakan makanan berkuah bening yang berisi potongan sosis ayam, telur ayam pindang, irisan hati dan ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, timlo Solo tidak memakai soun dan jamur.

Warung Timlo dapat dijumpai di Timlo Sastro Timur Pasar Gede yang buka pukul 07.00 WIB dan Timlo Solo di Jl Urip Sumoharjo yang buka pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Gudeg Ceker

Jangan lewatkan kenikmatan guded Solo dengan lezat dan gurihnya ceker (kaki ayam). Ceker dengan bumbu santan dimasak hingga lunak dan kemudian ditambahkan kuah sambal goreng krecek. Gudeg ceker ini dapat ditemui di Warung Gudeg sebelah utara perempatan Warung Pelem yang buka mulai jam 19.00 WIB.

Selat Segar Solo

Inilah menu khas Solo yang konon diadaptasi dari sajian salad dan beef steak dari Barat namun telah disesuaikan dengan lidah lokal Solo – yang cenderung suka rasa manis. Racikan selat Solo terdiri dari daging yang diiris tipis, ditambah rebusan buncis, kentang, wortel, telur pindang dan mayonnaise. Racikan ini kemudian disiram dengan kuah kecap encer.

Warung selat yang terkenal di Solo adalah Warung Selat Mbak Lies di Serengan yang buka pukul 09.00 dan RM Kusuma Sari di Perempatan Nonongan yang buka mulai pukul 09.00 WIB

Serabi Solo

Jajanan legendaris ini rasanya manis dan gurih, terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan dan berbentuk bulat dengan kerak disekelilingnya yang kering dan renyah. Untuk inovasi rasa, Anda juga bisa menikamti serabi Solo dengan beragam toping yang lezat loh, seperti taburan coklat, nangka dan irisan pisang.

Ingin mencicipi resep asli serabi Solo? Coba mampir di Serabi Notosuman di Jl. Moh Yamin Notosuman dan Warung kaki lima disepanjang Jl. Slamet Riyadi (buka dari sore hingga malam).

Baca Artikel Ini: Berburu Kuliner Asyik di Kota Solo

LEAVE A REPLY