Mencicipi Tujuh Kuliner Khas Bangka Belitung yang Legendaris

0
405
http://resepcaramasak.com/

Setiap daerah pasti memiliki kuliner yang khas. Tidak terkecuali dengan Bangka Belitung. Negerinya “Laskar Pelangi” ini juga punya kuliner khas yang menggoyang lidah dan sangat sayang bila untuk dilewatkan.

Berbagai cita rasa makanan ada di sini, baik yang manis sampai pedas, mulai yang diolah dengan dibakar sampai yang diolah dengan cara diasap, dari yang berkuah sampai yang berminyak, semuanya ada.

Berikut tujuh kuliner dari Bangka Belitung yang wajib Anda coba saat berkunjung ke sini.

1. Lempah
Masakan berkuah dengan bahan dasar dari makanan laut atau daging sapi ini punya bumbu rempah yang beraroma kuat. Dalam bahasa Belitung Lempah disebut Gangan. Masyarakat Bangka Belitung menyajikanya dengan beragam jenis dan bahan. Salah satu jenis Lempah adalah Lempah Kuning. Dinamai demikian karena Lempah jenis ini berbahan dasar nanas yang diiris-iris dan disajikan dengan kuah kuning kunyit.

Selain itu, Lempah jenis lain juga memiliki bahan bahan yang tidak kalah unik yakni Lempah Darat. Lempah darat memadukan sayuran dengan kacang-kacangan seperti kacang kedelai. Lempah jenis lain yang bisa kita jumpai yaitu Lempah Kulat yang berbahan dasar jamur.

2. Rusip
Bangka Belitung memiliki suatu makanan unik dengan rasa yang unik. Makanan tersebut  adalah Rusip. M akanan ini tergolong unik karena dalam prosesnya membutuhkan waktu lama untuk melakukan proses fermentasi. Ikan teri sebagai bahan baku utama akan dimasukan ke dalam pot atau guci dalam proses fermentasi tersebut. setelah itu dalam proses selanjutnya akan dicampur dengan gula jawa.

3. Kecalo
Makanan yang satu ini mungkin hampir sama dengan rebon abon. Dengan berbahan dasar udang yang difermentasikan dengan ditambahkan garam, membuat kuliner yang satu ini berasa asin gurih. Kecalo biasanya ditambahkan sebagai bumbu saat membuat telur kocok dan juga bisa digunakan sebagai pelengkap berbagai kuliner.

4. Balacan
Merupakan sejenis pasta ikan atau udang fermentasi yang dipadatkan dan memiliki bau khas yang agak menusuk. Balacan dijadikan bumbu untuk banyak masakan lain. Sambal ini dibuat dengan cara memanggang terasi tersebut terlebih dahulu. Kemudian terasi yang sudah dipanggang dimasukkan ke lumpang atau ulekan dan dimasukkan beberapa cabe kecil dan cabe besar, bawang, gula, dan garam secukupnya.

Bahan-bahan tersebut diulek atau dilumatkan menjadi satu hingga halus dan tercampur rata. Yang membuat khas-nya di sini, selain terasinya adalah dengan dicampurkannya dengan perasan jeruk kunci, yaitu jeruk yang sangat asam atau biasa disebut juga dengan jeruk sambal atau jeruk calong. Sensasi asam dari jeruk kunci yang beda, manis, pedas, asin, dan gurih akan terasa ketika mencocolkan lalapan atau kemplang ke sambel balacan ini.

5. Pantiau
Pantiau merupakan salah satu makanan berkuah khas Bangka Belitung yang sayang jika dilewatkan. Dengan suiran ikan makanan ini terasa sangat nikmat, dipadu dengan kuah ragam rasa dari bawang, seledri dan bumbu-bumbu lainnya, membuat makanan ini terasa akrab di lidah masyarakat dan bagi yang telah pernah mencoba akan merasa kangen untuk mencoba lagi. Rasa yang tergambar di pantiau adalah pedas gurih manis.

Masakan yang satu ini bisa juga ditambah bakso maupun mie sebagai pelengkap yang mempernikmat dan semakin menambah sensasinya. Secara keseluruhan makanan ini hampir sama dengan sup ikan, cap cay, soto, dan kuliner berkuah lainnya. Bagi Anda yang suka makanan-makanan tersebut, maka Anda wajib juga mencoba Pantiaw jika Anda mampir ke Bangka Belitung.

6. Lakso
Kuliner yang satu ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai di rumah menikmati sajian televisi. Makanan ini hampir sama dengan mie bakso dengan tekstur kenyal dan dibentuk seperti mie berwarna putih ditambahi kuah santan yang guris yang akan sangat memanjakan lidah anda. Bahan utamanya merupakan tepung beras dengan kekenyalannya, dan rasa kuah yang gurih membuat makanan ini juga bisa ditambahi abon udang, kerupuk, sosis dan teman makan lainnya.

7. Kericu
Kericu merupakan salah satu kuliner sea food yang cukup enak. Tidak hanya enak, kericu juga merupakan makanan dengan gizi tinggi. Makanan ini berbentuk lonjong kering sebagai camilan seperti kerupuk. Makanan ini berbahan utama telur cumi-cumi dan sagu. Cara pembuatan kuliner ini adalah telur cumi-cumi dihaluskan sampai lembut. Adonan telur cumi-cumi yang sudah lembut kemudian ditambah tepung sagu (tapioka). Setelah itu, adonan ditambahi bumbu lainnya seperti lengkuas, bawang merah, bawang putih, garam, serta bumbu-bumbu lainnya. Setelah adonan dibentuk lonjong-lonjong dengan masing-masing ujung runcing, maka adonanpun siap di masak.

Cara memasak kuliner yang renyah ini ialah dengan digoreng sampai kering. Agar makanan ini menjadi awet, Anda bisa menaruh makanan ini di wadah tertutup. Makanan ini dapat Anda jumpai di tempat-tempat yang menyediakan oleh-oleh kuliner Bangka Belitung.

ALI IMRON H | TR

LEAVE A REPLY