Jangan Salah, 5 Menu Kuliner Magelang Ini Benar-Benar Mantap di Lidah

0
34
Foto: wonosobozone

Magelang? Ya, jika pernah jalan-jalan ke Candi Borobudur, Jawa Tengah, pasti ngeh kalau Magelang punya deretan kuliner yang khas. Misalnya saja …

 

Mie Ongklok

Foto: travelingcow

Penyuka mie mungkin bisa menyicipi menu mie khas Wonosobo, Magelang, ini. Olahannya sendiri terbuat dari mie kuning.

Tapi yang membuatnya berbeda adalah campurannya. Jika mie lain biasanya memakai tauge dan sawi, tapi campuran mie ongklok adalah kubis dan kucai sebagai sayurannya.

Campuran lainnya ada udang kering, gula merah, bubuk kacang, saripati singkong, taburan lada dan bawang goreng. Mie dan sayuran pun dimasukkan dulu ke saringan bambu (sebutannya ‘diongklok’) sehabis itu baru dicelup ke air mendidih.

Uniknya, penyajian mie dan sayurannya ditata khusus, mengerucut lalu barulah dituang kuah kental. Kuah kental ini yang membuat mie ongklok sangat berbeda.

 

Sate Sapi Khas Wonosobo

Foto: goborobudur

Menu sate ini biasanya menjadi pendamping menu mie ongklok. Sajian sate dengan daging sapi ini dibubuhi saus kacang yang lezat.

Yang membuatnya unik dirasa karena tekstur saus kacangnya agak kasar, tapi legit karena rasa manis dan gurihnya tetap ada.

Dari mana asal rasa manis dan gurihnya?

Selain kacang, saus bumbu kacang ini juga punya rasa kencur, merica dan bumbu-bumbu rempah lainnya. Jadi memang terasa beda banget dengan saus bumbu kacang sate lain.

 

Baca juga: Ssst! Ini 5 Poin Kenapa Ikan Arsik Menu Tradisional dari Sumatera Utara Juara

 

Sop Empal

Foto: traveltodayindonesia

Yang paling terkenal adalah Sop Empal Bu Ngalim, tapi ada juga Sop Empal Bu Haryoko. Tapi sebenarnya sama saja, mengingat Bu Ngalim adalah ibu dari Bu Haryoko. Jadi ini adalah resep sop turun-temurun!

Pengolahannya sendiri dimulai dari merebus daging empal di pukul 10 pagi. Dan dua jam kemudian, kuahnya disisihkan untuk membuat sop. Dagingnya dimasak dengan bumbu hingga pukul lima sore.

Asyiknya, bawang merah, bawang putih, garam, lada dan gula jawa jadi bumbu simpel yang menyertai racikan menu sop empal ini.

Dan ya, tentunya proses memasak yang lama membuat daging empal menjadi empuk dan bumbu-bumbu tersebut meresap sehingga menjadi sempurna enaknya.

Sop empal ini biasa disantap dengan sop bihun, daging empal dan sambal. Slrrrp!

 

Kupat Tahu

Foto: travelingyuk

Kupat tahu menjadi menu makanan yang disukai Pak SBY dan Bu Ani. Menu kuliner wajib santap dari Magelang ini memang terasa beda dengan menu kupat tahu lain.

Kupatnya padat tapi sangat lembut begitu menyentuh mulut dan dikunyah. Tambah lagi, bumbunya pun bikin ketagihan.

Maklum, bumbu yang menyertai adalah bumbu kacang setengah cair yang terasa manis tapi lembut. Dan yang terpenting, tak bikin mual saat dilahap.

 

Baca juga: Ssst! Ini 5 Poin Kenapa Ikan Arsik Menu Tradisional dari Sumatera Utara Juara

 

Es Murni Magelang

Foto: visitmagelang.id

Nah, setelah menyantap menu kuliner khas Magelang ini dan itu, tentu saja makin lengkap dengan melepas dahaga dengan sajian es.

Mau minum es apa? Es Teler, Es Doger, Es Campur Ayu, Es Campur, semuanya ada disini. Ya Es Murni Magelang adalah tempat bersantap yang murni dan khas di Magelang.

Ke Magelang tapi tak mampir disini terasa makan mie tanpa sambal!

 

 

 

Penulis: Orlando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here