Slrrp! Ini Cara Simpel Meracik Kue Panada Sebagai Camilan Pernikahan

0
48
Foto: DayoeAjeng

Meracik kue panada? Kenapa tidak! Kue panada memang kue unik tradisional yang lezat. Apalagi kalau bukan isinya yang ‘padat’. Tapi, bagaimana cara meracik kue khas asal Sulawesi Utara alias Manado ini?

Meski rupanya terlihat seperti kue pastel, tapi isi dari kue panada sangat berbeda jauh. Ya, memang benar, bahan kulit kue terbilang sama. Plus, cara pembuatannya pun kurang lebih sama.

Pada intinya, bahan dan proses pembuatannya sangat simpel.

Nah, untuk bahan kulit kue kita memakai tepung terigu yang berprotein, cukup sekitar 250 gr saja. Lalu ambil satu butir telur ayam, setengah sendok makan gula pasir, setengah sendok teh garam, setengah sendok teh ragi instan, dua sendok makan santan.

Sedangkan untuk isiannya terbilang sama simpelnya dengan bahan-bahan kulitnya. Pastinya untuk isian kembali ke selera, apakah ingin memakai ikan cakalang, ikan tongkol atau ikan tenggiri. Pastinya cukup 200 gram daging ikan.

baca juga: Deretan Oleh-Oleh Lezat Khas Manado yang Wajib Dicoba

Lalu siapkan dua sendok makan air perasan jeruk nipis, lima batang daun kemangi, lima lembar daun jeruk, satu batang serai, plus tentu, 150 ml santan. Oh ya, tambahkan garam dan gula pasir sesuai selera.

Selain itu kita juga perlu bumbu halus, seperti tomat (satu buah), kemiri (dua butir), cabe merah (empat), bawang merah (lima siung), bawang putih (tiga siung), jahe (dua sentimeter). Bisa juga tambahkan cabe rawit (enam buah) sesuai selera – jika ingin pedas!

Bagaimana cara meraciknya?

Untuk awalnya, silahkan campur dan aduk semua bahan kulit (tapi jangan sertakan telur dan santan). Setelah semua melebur, masukkan telur ayam lalu aduk lagi dengan memasukkan dua sendok makan santan. Dicampur sampai tak lengket di tangan. Setelah itu tutup adonan dengan kain atau serbet yang basah dan diamkan minimal selama 30 menit agar adonan mengembang.

Langkah kedua, kita bersihkan daging ikan dari tulang-tulang dan kasih garam dan perasan jeruk nipis. Setelah itu kukus daging tapi tak perlu sampai matang, cukup sampai daging menjadi lunak. Potong-potong atau suwir  daging ikan setelah dingin.

Selanjutnya, tumis bumbu halus, seperti daun serai, daun jeruk dan campur itu semua hingga harum. Lalu masukkan daging ikan tadi, tumis lagi dan aduk hingga rata. Santan, garam dan gula pasir jadi campuran berikutnya.

baca juga: Hantaran Beserta Maknanya dalam Prosesi Lamaran Adat Manado

Masak campuran adonan tersebut hingga kering atau menyusut, lalu masukkan daun kemangi, aduk hingga daun tersebut layu.

Tengok adonan kulit yang didiamkan tadi. Setelah mengembang, kempeskan adonan dan bagi menjadi bulatan-bulatan kecil sebesar jempol kaki. Takar adonan sesuai hitungan kue jadi agar adonan tak ada yang terbuang.

Berikutnya, atur sisi adonan hingga berupa lingkaran, taruh isian di pinggir lingkarang kulit agar kulit bisa dilipat. Selanjutnya rapatkan pinggiran persis kue pastel.

Masukkan adonan bentukan tadi ke dalam penggorengan dan goreng hingga berwarna kuning emas.

Selamat menikmati, ya!

 

 

Orlando

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here