Tahan Godaan Legitnya Nasi Jaha dari Manado Ini?

0
7

Bayangkan nasi dibungkus daun kelapa dan dipanggang di api panas. Begitu kelar aromanya begitu menggoda hebat … Nasi Jaha memang legit menggoda!

Suka-tak suka Manado terkenal dengan deretan kulinernya yang beragam. Hampir semua kuliner khas Manado selalu menggugah selera.

Sebut saja bubur Manado, papeda, ikan roa, sambal rica-rica dan banyak lagi. Keistimewaan dari makanan khas Manado adalah soal rasa pedas. Kalau tidak pedas tidak ‘nendang’ katanya.

Tapi, dari aneka jenis kuliner khas Manado, ada satu makanan yang tidak kalah nikmatnya. Meski tidak kaya akan bumbu pedas, namun makanan ini tetap enak untuk dinikmati. Namanya Nasi Jaha.

Baca Sedap! Gulai Kambing Ini Pas Jadi Sajian Nusantara di Rumah

Sepintas wujud Nasi Jaha mirip lemang. Lemang sendiri adalah makanan khas Sumatra. Tapi, Nasi Jaha punya kekhasan tersendiri.

Nasi Jaha terbuat dari beras ketan dan santan. Proses pembuatannya pun cukup unik. Dimana beras ketan dimasukkan ke dalam sebatang bambu berlapis daun pisang yang lalu dibakar.

 

Keseruan Bikin Nasi Jaha

Pembuatan Nasi Jaha sendiri cukup seru! Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, kukus ketan dan beras selama beberapa menit.

Dianjurkan tidak lebih dari 10 menit.  Selama ketan dikukus, bumbu-bumbu lain dihaluskan untuk dicampur dengan ketan nanti.

Setelah dihaluskan, santan, bumbu masak yang sudah dihaluskan, daun pandan, serai, daun jeruk diaduk-aduk sampai merata dan jangan sampai santannya pecah.

Lalu, tuangkan santan ke dalam campuran beras tadi. Aduk kembali hingga rata lalu kukus hingga matang.

Lalu:

  1. Ambil selembar daun pisang, taruh bahan-bahan adonan yang sudah dicampurkan  ke dalamnya, gulung sambil dipadatkan.
  2. Setelah padat, masukkan adonan ke dalam bambu, kemudian bakar di atas bara sampai matang.
  3. Jangan lupa Nasi Jaha harus dibolak-balik di atas bara api agar matangnya merata.Tunggu hingga 30 hingga 1 jam sampai bambu terlihat gosong, pertanda Nasi Jaha di dalamnya juga ikut matang.

Setelah matang, Nasi Jaha diangkat. Lalu, tunggu sampai dingin. Setelah dingin, bambu di belah dua agar Nasi Jaha dinikmati.

Nah, biar Nasi Jaha lebih terasa nikmat, kita juga bisa memakannya dengan campuran daging ayam pedas atau dibubuhkan sambal. Namanya juga makanan khas Manado, kalau tidak pedas tidak ‘nendang’.

 

 

 

Tim Mahligai Indonesia

Foto: Very Barus / Foto Utama: Prima Rasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here