Ragam Menu Sarapan Pagi di Indonesia

0
172
Dapur Teh Enur

SEMANGAT pagi selalu membawa rasa optimisme bagi mereka yang memulai hari dengan keceriaan. Terlebih lagi dalam menyambut Senin pagi yang cerah memesona. Jangan lupa pula untuk memulai hari dengan sarapan pagi yang istimewa.

Lalu apakah Anda sudah menentukan sarapan pagi Anda hari ini? Tentunya ada banyak menu sarapan yang bisa Anda pilih seperti nasi uduk, ketoprak,  nasi kuning, bubur ayam, nasi pecel, nasi liwet hingga nasi goreng.

Tapi tahukah Anda kalau setiap daerah itu memiliki menu sarapan yang khas. Seperti apakah menu-menu sarapan pagi tersebut? Berikut penjelasannya.

Katupek Gulai Nangka, Sumatra Barat
Jika Anda berasal dari daerah Minang, pasti tidak asing dengan sarapan pagi katupek gulai nangka. Menu ini gampang ditemui di Padang dan sekitarnya. Banyak warung yang menjual menu ini dimana-mana. Katupek Gulai Nangka berisi nangka, ketupat, dan katupek gulai paku. Bahan utamanya tentu nangka muda dan daun pakis yang banyak dijumpai disana. Rasanya sedikit pedas dan yang pasti cukup mengenyangkan.

Nasi gurih, Aceh
Daerah di ujung timur Indonesia ini punya menu sarapan andalan yaitu nasi gurih. Berbeda dengan nasi lemak, sarapan nasi  gurih berisi paru goreng, kuah lemak, sambal tauco, dan kelapa gongseng. Istimewanya lagi karena ada aroma khas daun pisang yang makin menggugah selera. Apalagi kalau diberi kacang goreng. Tambah mantap rasanya.

Lontong Medan, Sumatra Utara
Lontong Medan dan Lontong Cap Gomeh bedanya apa ya? Kalau menu sarapan asli Medan ini ada tambahan lauk rendang, sayur nangka, kerupuk merah putih, emping goreng dan tauco. Rasanya cukup pedas. Inilah yang membedakannnya dengan Lontong Cap Gomeh yang berisi lauk opor ayam.

Nasi Ulam, Betawi (Jakarta)
Nasi Ulam adalah nasi putih yang diberi taburan parutan kelapa yang disangrai hingga kering dengan rasa gurih dan pedas. Jenis sarapan ini juga diberi lalapan berupa mentimun, kemangi dan toge pendek. Rasanya makin ramai kalau ditambah dengan bakwan atau tempe goreng. Jika ini rasa yang pedas tambahkan kuah kacang. Pasti makin sedap rasanya.

Gudeg, Yogyakarta dan Solo
Siapa yang belum pernah mencoba gudeg? Masakan khas Yogya ini enak juga untuk disantap saat sarapan. Isiannya bisa berupa nasi, telur, krecek, nangka muda, tahu, dan ayam kampung. Rasa pedas bisa Anda pilih dengan menambahkan sayur tempe yang diberi santan. Dengan tambahan kuah gurih, rasa gudeg ini pun makin manis dan mantap

Nasi Krawu, Gresik (Jawa Timur)
Sarapan pagi khas kota Gresik ini berupa nasi putih yang disajikan dengan daun pisang. Dengan tambahan lauk irisan daging sapi, serundeng, dan jeroan. Rasanya maknyus banget kalau disantap dengan teh manis hangat.

Nasi Jagung, Madura (Jawa Timur)
Jawa Timur juga punya menu sarapan khas lain berupa nasi jagung yang sering disajikan di pagi hari oleh masyarakat Madura. Hidangan ini berupa nasi putih yang dicampur dengan jagung lalu diberi sayuran dan urap. Rasanya agak manis karena ada jagung pipilan. Kalau mau pedas, bisa menambahkan sambal.

Katupat Kandangan, Banjar (Kalimantan Selatan)
Ini adalah salah satu santapan favorit warga Banjar di pagi hari. Sajiannya memang mirip lontong sayur dengan tambahan ikan haruan, atau telur itik, dan bawang goreng. Paling pas kalau disantap pakai tangan karena bisa mengurai ikan dengan lebih mudah. Kuahnya juga makin meresap sehingga menambah rasa.

Papeda, Papua
Papeda dibuat dari sagu lalu disiram dengan air panas. Dengan tambahan kuah kuning, sayur kangkung atau daun pepaya, sarapan pagi khas masyarakat timur ini bisa membuat penikmat kuliner ketagihan. Cara makannya juga unik. Anda hanya perlu menghisap papeda lalu dikunyah.

ALI IMRON H | TR

 

LEAVE A REPLY