5 Menu Takjil Buka Puasa dari Berbagai Daerah di Indonesia

0
68
kue bingka
kue bingka - Instagram | dayasundari

SORE hari menunggu waktu berbuka puasa memang paling tepat untuk mencari menu takjil. Jika Anda sudah bosan dengan menu takjil seperti es buah, es campur, atau menu gorengan  lima menu takjil khas Nusantara ini bisa jadi alternatif yang patut dicoba.

1. Es Pisang Ijo – Makassar

es pisang ijo
Es Pisang Ijo – Instagram | mingjane31

Es buah atau es campur mungkin jadi menu yang paling pertama dicicipi selepas azan Maghrib berkumandang. Namun bila Anda sudah bosan dengan kedua minuman tersebut cobalah menu berbeda lain seperti Es Pisang Ijo.

Kuliner asli Makassar ini terbuat dari pisang raja, adonan tepung dan vla yang dicampur dengan es batu dan sirup. Tekstur es pisang ijo yang terasa legit, rasanya yang manis sekaligus menyegarkan membuat es pisang ijo cocok sebagai pelepas dahaga selepas seharian penuh berpuasa.

Meskipun berasal dari Makassar namun es pisang ijo kini dengan mudah ditemui di berbagai kota besar di Indonesia.

2. Bubur Kampiun – Minangkabau

bubur kampiun
bubur kampiun – Instagram | de_andrian21

Bicara menu takjil khas Nusantara, bubur kampiun yang khas dari Minangkabau nampaknya tak boleh terlewatkan. Bubur manis yang berasal dari Buktitinggi ini terkenal akan kelezatan dan isinya yang beragam.

Dalam semangkuk bubur kampiun terdapat beragam jenis bubur diantaranya bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau, bubur candil, dan ketan putih kukus. Karena isinya yang beragam maka rasa yang sampai di lidah Anda juga kian ‘nano-nano.’ Mulai dari gurih, manis, dan creamy semua terasa menyatu dengan sempurna.

Selain sebagai menu berbuka puasa di bulan Ramadan, masyarakat Minang juga hobi mengonsumsi bubur kampiun sebagai menu sarapan. Kabar baiknya penjaja bubur kampiun juga bisa ditemui di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk di Kota Jakarta.

3. Mi Caluk – Aceh

Bila Anda mencari kuliner berbuka dengan cita rasa pedas dan gurih, mi caluk yang berasal dari Aceh bisa jadi pilihan. Kuliner mi dari Bumi Serambi Mekah ini memang sudah tersohor di seluruh penjuru Negeri. Tak heran bila masyarakat Aceh sendiri sangat gemar dengan mi caluk ini sebagai salah satu kudapan berbuka.

Mi caluk terbuat dari mi lidi yang  direbus hingga matang dan lembut. Setelah matang mi caluk dicampur kuah kacang tanah dan rempah-rempah. Terkadang mi caluk juga kerap dicampur sayuran seperti daun ubi dan kelapa parut. Apakah Anda tertarik untuk mencicipinya juga?

4. Kue Bingka – Banjar

kue bingka
kue bingka – Instagram | dayasundari

Sekilas tampilan kue bingka mungkin mirip kue lumpur. Akan tetapi cita rasa kuliner khas  Banjar, Kalimantan Selatan ini jelas berbeda. Kue bingka terbuat dari tepung dan telur yang disiram dengan kuah lezat.

Salah satu jenis bingka yang menjadi primadona saat bulan Ramadan adalah bingka barandam. Cita rasa yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat bingka barandam disukai masyarakat Banjar.

5. Bongko Kopyor – Gresik

bongko kopyor
bongko kopyor – Instagram | gresiktourism

Ada baiknya bila Anda berbuka puasa dengan hidangan yang manis. Bila Anda tengah mencari kudapan manis khas Nusantara yang tak biasa, bongko kopyor ini boleh jadi daftar menu takjil yang wajib dicoba.

Bongko kopyor merupakan hidangan manis yang berasal dari Gresik, Jawa Timur. Biasanya bongko kopyor disajikan di atas selembar daun pisang dengan isian seperti bubur mutiara, irisan pisang, roti, serutan buah kelapa muda, dan kuah santan kelapa yang manis.

Kuliner asli Gresik ini menjadi jadi primadona bagi warga Gresik sebagai menu takjil. Tak heran bila saat bulan Ramadan Anda akan dengan mudah menemukan penjaja bongko kopyor di Gresik. (*)

 

Intan Widiastuti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here