Empat Masakan Khas Banjar yang Patut Anda Cicipi!

0
41
Masakan Banjar
Instagram/ pky.foodies

Kekayaan kuliner Banjar bukan hanya soto beraroma rempah yang mungkin sudah cukup banyak dikenal di luar masyarakat Banjar sendiri. Ternyata masih banyak jenis menu masakan khas banjar yang juga menggugah selera, lho. Selain menjadi santapan sehari-hari, banyak hidangan khas Banjar yang disuguhkan untuk selametan atau upcara adat, termasuk untuk upacara adat perkawinan.

Masakan daerah Banjar dibuat dari bahan sesuai kultur dan keadaan alamnya. Beragam jenis ikan air tawar dan udang merupakan satu menu kegemaran khas Banjar, sesuai alam Kalimantan yang kaya akan sungai. Dalam soal rasa, perpaduan manis dan pedas, legit dan bersantan, cukup dominan mewarnai kuliner Banjar.

Ketupat Kandangan

Masakan Katupat Kandangan adalah makanan khas dari kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan. Ciri masakan ini adalah ketupat yang dibelah-belah lalu disajikan ke dalam piring atau mangkok, kemudian diberi kuah terbuat dari air santan kental berbumbu rempah, dilengkapi lauk ikan haruan (gabus) baik kepala, ekor, atau daging tengah atau jeroan ikan yang sudah dipanggang/ diasap.

Lauk lain yang bisa digunakan hanyalah telur ayam atau telur itik. Orang kandangan biasanya makan dengan menggunakan tangan yang konon menambah sensasi kelezatan. Cara makannya dengan menghancurkan ketupat di dalam kuahnya (ketupat asli kandangan biasanya gampang dihancurkan).

Masak Habang

Jika pernah tinggal di Banjar pasti tahu masakan ini, karena sangat populer. Dalam Bahasa Banjar habang artinya merah, karena banyak menggunakan bumbu cabe merah dan tomat. Lauk asal Kalimantan Selatan ini memang kaya rasa. Perpaduan bumbu dan rempah menjadikan lauk ini lezat dan istimewa. Aneka bahan bisa dimasak habang, baik daging sapi, ayam, ikan bahkan telur. Lauk masak habang disajikan bersama sayur lontong ataupun nasi kuning khas Banjar.

Soto Banjar

Merupakan soto khas suku Banjar dengan bahan utama ayam kampung dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Seperti halnya soto ayam, bumbu soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tapi tidak memakai kunyit.

Soto banjar berisi daging ayam suwir, dihidangkan dengan beberapa bahan pelengkap seperti perkedel kentang, rebusan telur, soun, ketupat, taburan bawang goreng dan daun bawang. Tak ketinggalan jeruk nipis dan sambal soto Banjar yang menambah cita rasa nikmatnya.

Sate Banjar

Sekilas sate Banjar bentuknya tak beda dengan sate Madura, sama-sama terbuat dari daging ayam. Dalam soal rasa jelas beda, sate Banjar terasa lebih berbumbu rempah dan pedas lada dibandingkan sate Madura. Pada umumnya sambal sate Banjar tidak menggunakan bahan kacang yang dihaluskan, tapi menggunakan saos tomat dan petis udang. Namun, ada beberapa sate Banjar yang masih dihidangkan menggunakan sambal bumbu kacang meski hanya sedikit campuran kacangnya. Sebagai pelengkap, sate Banjar biasanya dihidangkan bersama dengan nasi.

Teks: Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY