Tips Pola Makan Tepat Selama Ramadan Untuk Tubuh Sehat dan Bugar

0
18
pola makan sehat
Ilustrasi - Freepik

Sangat penting untuk menjaga pola makan yang tepat selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Hal tersebut harus dilakukan agar tubuh senantiasa sehat dan kita bisa beribadah dengan nyaman selama sebulan penuh. Berikut beberapa tips menjaga pola makan sehat selama Ramadan yang bisa Anda lakukan:

Banyak Minum Air Putih

Saat berpuasa, tentu kita memiliki lebih sedikit kesempatan untuk minum. Nah, agar tidak dehidrasi, Anda bisa meminum satu sampai dua gelas air sebelum makan di waktu buka agar terhindar dari gangguan pencernaan. Bila perlu, hindari minuman manis yang mengandung banyak gula dan kalori.

Balas Dendam?

Kebiasaan buruk saat berpuasa adalah balas dendam dan kalap menyantap segala makanan yang ada ketika datang waktu berbuka. Padahal hal tersebut bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan lambung. Anda harus ingat, mongtrol porsi makan merupakan kunci agar berat badan tetap stabil dan tubuh senantiasa sehat.

Kurma

Buah kaya gizi satu ini sangat mudah ditemukan saat Ramadan. Dari pada memakan makanan manis, lebih baik konsumsi buah kurma yang bisa menjadi sumber gula alami dan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Buah kurma sangat baik untuk menambah kadar gula darah, lho.

Tidak Melupakan Sayur Mayur

Sayuran mengangdung vitamin, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Utamakan sayuran berwarna untuk mendapatkan nutrisi yang lebih berlimpah.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti beras merah, roti, kentang, dan gandum, mampu memberikan energi yang stabil. Selain itu, karbohidrat kompleks juga memiliki serat dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Jangan Memilih Protein Berlemak

Protein memang sangat berguna untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Nah, protein yang baik adalah yang mudah dicerna dan kaya asam amino esensial, misalnya daging sapi, yogurt, telur, ikan, dan lain-lain.

Jauhi Makanan Tinggu Lemak, Garam dan Gula

Makanan tinggi lemak, mengandung garam dan gula tambahan yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Lebih baik ganti minuman manis dengan gula alami yang bisa diperoleh dari buah kering atau salad buah.

Teks: Elsa Faturahmah

LEAVE A REPLY