Kerupuk! Ini Resep Jitu Bikin Kerupuk Jadi Camilan Enak dan Renyah di Mulut

0
3

Kerupuk? Serunya, bikin kerupuk itu mudah semudah masak mie instan! Hahaha… Caranya? Siap-siap jadi chef dadakan bikin camilan kerupuk!

Ya, kita yang pecinta kerupuk, kurang lengkap rasanya bila makan tanpa panganan gurih yang satu ini. Meski tak banyak kandungan gizi, kerupuk tetap dinantikan. Tetap ngotot dicari sebagai pelengkap makanan, maupun untuk camilan.

Kerupuk sendiri jenis makanan kering yang umumnya terbuat dari tepung tapioka. Selain pati atau tapioka dan bumbu rempah, biasanya ditambahkan bahan lainnya yang akan menentukan kualitas dan rasa kerupuk.

Seperti udang dan beberapa jenis ikan.

Kerupuk banyak ragamnya menurut rasa, bahan campuran pembuatnya, bentuk, dan asal daerahnya.

Baca 5 Camilan Manis Khas Sumatera Ini Terasa Unik

Kebayang kan, jika tiap daerah di negeri Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi dan ratusan etnis ini punya jenis kerupuk khas masing-masing, maka berapa banyak macam kerupuk yang bisa kita nikmati di Indonesia.

Makan gado-gado, soto, atau asinan pun minimal pasti ada satu jenis kerupuk tertentu sebagai bahan pelengkap!

Yuk, bikin kerupuk!

Ini caranya:

• Supaya hasilnya lebih mekar dan renyah, sebelum digoreng, beberapa jenis kerupuk harus dijemur terlebih dahulu di bawah terik sinar matahari hingga kering.

• Panaskan minyak sebelum memasukkan kerupuk dalam penggorengan. Sebab minyak yang kurang panas, bisa membuat kerupuk yang digoreng bantat (tidak mekar).

•Untuk kerupuk yang tipis dan berukuran besar (kerupuk udang atau legendar), goreng satu per satu ke dalam minyak dengan panas sedang, sambil ditekan-tekan agar tidak melengkung.

 

Baca Wow! Saatnya Lahap 4 Soto Nusantara Nan Mantap Ini

 

•Untuk kerupuk kecil (kerupuk bawang atau kerupuk keju), bisa digoreng sekaligus sambil minyaknya diaduk-aduk, sehingga minyak bisa mematangkan secara merata.

•Khusus untuk kerupuk tebal (kerupuk ikan Palembang atau kerupuk Bangka), supaya tidak bantat, sebaiknya goreng kerupuk dalam dua tahap.

Pertama, goreng didalam minyak banyak yang tidak terlalu panas di atas api kecil hingga setengah mekar, aduk sebentar, angkat,dan tiriskan. Lanjutkan dengan menggoreng kerupuk dalam minyak banyak yang panas sambil diaduk-aduk hingga mekar sempurna.

•Tiriskan kerupuk yang baru diangkat dari pengorengan dengan bantuan tissue makanan, untuk mengurangi sisa minyak yang menempel di kerupuk.

•Simpan dalam wadah kedap udara setelah kerupuk benar-benar dingin, sehingga tetap renyah.

 

Siap goreng kerupuk sendiri dan menikmatinya?

 

 

 

 

 

Tim mahligaiindonesia

Berbagai sumber / Foto: yentit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here