Asyik! Kulik-Kulik Nikmat Pedasnya Sambal Matah

0
29

Suka pedas? Suka Bali? Hmmm … Apa hubungannya rasa pedas dan Bali? Nah, kalau kamu ngeh banget, pasti langsung keingat Sambal Matah! Atau jangan-jangan malah nggak tahu Sambal Matah asalnya dari mana?

Ya, Sambal Matah memang berasal dari Bali. Kenikmatan sambal ini memang sudah nggak bisa diragukan lagi mengingat sejak beberapa saat lalu, eksistensi sambal ini di dunia perlahapan makanan lagi naik banget!

Khususnya untuk mereka yang nggak bisa makan kalau nggak ada sambal dan akhirnya nyicipin sambal ini.

Sambal Matah ini aslinya punya arti ‘sambel mentah’.

Katanya nih, konon sambal ini adalah warisan budaya dari salah satu puri dari 13 puri yang ada di kerajaan Bali.

Lalu apalagi fakta tentang Sambal Matah?

Cekidot deh:

 

  1. Bahan dasar

Bahan dasar sambal matah berasal dari bumbu mentah dan nggak perlu diulek layaknya sambal-sambal lainnya.

Oh ya, bahan-bahan sambal matah sendiri adalah bawang merah, bawang putih, minyak kelapa, cabai merah, sereh, garam, jeruk limau dan tentu saja terasi.

 

2. Cara bikinnya simpel

Untuk membuatnya sambal matah ini terbilang simpel banget. Pastinya semua bahan tadi harus dipotong kecil-kecil, lalu hancurkan terasi tapi hancurkan dalam minyak kelapa.

Nah, setelah terasi dan minyak kelapa dicampur, siram potongan bahan-bahan sebelumnya dengan terasi dan minyak kelapa tadi.

Simpel, kan?

 

Baca Kenalan dengan Kupat Glabed Gurih Nyam-Nyam dari Tegal

 

3. Alasan Disajikan Secara Mentah

Kenapa sambal matah ini harus disajikan secara mentah tentu saja penting. Kenapa seperti itu, karena bahan-bahan mentah terbilang segar dan bisa punya dampak baik untuk tubuh.

Misalnya saja, bawang merah adalah bahan yang kaya sulfur sehingga bisa mencegah terjadinya kanker, mengurangi risiko serangan jantung dan menurunkan kadar kolestrol.

Bawang putih?

Nah, bawang putih kaya banget dengan kandungan mineral yang bermanfaat banget untuk tubuh.

Sereh sendiri punya kandungan mineral agar kandungan kolestrol sehat tubuh oke.

Sedangkan jeruk limau punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi!

 

Tiga fakta di atas masih ditambah lagi dengan keberadaan sambal ini yang selalu disajikan di semua menu makanan dari Bali.

Sambal matah pun bisa jadi pelengkap nasi putih yang ingin dinikmati barengan dengan sate lilit, tum ayam, pepek ikan, udang bumbu Bali, telur dan ares, serta masih banyak lagi.

Tapi ingat, sambal satu ini nggak bisa bertahan lama, ya! Jadi memang harus langsung dilahap setelah disajikan. (Baca: jangan disimpan lalu dipanaskan untuk dinikmati lagi).

 

 

 

O.J.

Sumber: goodnewsfromindonesia

Foto: IndoIndians

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here