Lima Resep Jamu Tradisional dari Madura yang Berkhasiat untuk Kesehatan

0
160
jamu tradisional
Ilustrasi

Bicara seputar pengobatan tradisional khas Indonesia, tentu tak bisa terlepas dari jamu. Ramuan yang berisi rempah atau bahan alami ini dipercaya secara turun-menurun ampuh mengobati beragam penyakit. Salah satu yang cukup populer adalah jamu tradisional dari Madura.

Dalam tradisi masyarakat Madura, minum jamu sudah menjadi tradisi turun menurun dalam keluarga. Para perempuan Madura akan meracik sendiri ramuan dengan bahan-bahan alami. Bisa dibuat dengan cara diseduh, direbus, ataupun dalam bentuk bubuk. Manfaat atau khasiat jamu juga disesuaikan dengan tujuan tertentu.

Ramuan untuk anak misalnya, dibuat dengan tujuan menambah nafsu makan. Setelah remaja, ramuan berfunsgi untuk menjaga tubuh tetap bugar dan mengurangi nyeri saat datang bulan. Menjelang prosesi pernikahan ada pula ramuan khusus untuk pengantin. Sementara saat kehamilan, tradisi minum jamu berfungsi untuk menguatkan kandungan.

Hingga kini, jamu tradisional asal Madura begitu populer di pasaran. Menurut Dra. Hj. Sriana Aziz, Apt., yang dikutip dari Majalah Mahligai, ramuan Madura punya ciri berbeda dengan ramuan daerah lainnya. Setiap jenis ramuan Madura biasanya menggunakan komposisi bahan-bahan herbal cukup lengkap. Selain itu, campuran herbal jamu asal Madura berinteraksi saling melengkapi sehingga semakin berkhasiat.

Secara umum bahan jamu tradisional Madura berasal dari bahan atau tanaman obat, baik yang masih segar maupun dalam bentuk kering. Bahan-bahan jamu Madura bahkan cenderung mudah dipadakan, terutama di pasar tradisional maupun depot jamu. Jika tertarik, bahkan Anda bisa membuat sendiri di rumah dengan panduan resep berikut ini.

1. Resep Jamu Tradisional Madura untuk Obat Batuk

Bahan
Biji adas 10 gram kering
Kulit kayu manis Cina 5 gram kering
Cabe Jawa 5 gram kering
Jahe merah 10 gram kering
Tapak liman 15 gram kering
Daun sendok 15 gram kering

Cara meramu
Rebus semua bahan dalam 4 gelas air dengan menggunakan kuali gerabah, api kecil. Setelah mendidih dan rebusan terseisa setengahnya, saring dan dinginkan. Minum ramuan 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

2. Resep Jamu Tradisional Madura untuk Meningkatkan Stamina & Bugar

Bahan
Jinten hitam 5 gram kering
Cabe jawa 10 gram kering
Lada 5 gram kering
Kemukus 5 gram kering
Adas 5 gram kering
Kunyit 5 gram kering
Pasak Bumi 15 gram kering
Biji pala 2 biji kering
Jahe merah 15 gram kering
Lengkuas merah 15 gram kering
Madu murni 4 sendok makan

Cara meramu
Semua bahan dihaluskan, saring/ayak, dan masukkan dalam gelas. Tuangi air panas sebanyak setengah gelas. Aduk rata dan tutup biarkan sampai hangat. Tambahkan madu secukupnya. Jamu diminum menjelang tidur setiap hari dan rasakan khasiatnya.

jamu tradisional

3. Resep Jamu Tradisional Madura untuk Keputihan

Bahan
Kunyit 15 gram kering
Sirih 15 gram kering
Pulosari 5 gram kering
Kapulogo 5 gram kering
Daun Kemangi 10 gram kering

Cara membuat
Semua bahan cuci bersih, rebus bersama 3 gelas air dalam kuali gerabah atau kuali kaca (jangan panci alumunium). Ramuan direbus dengan api kecil dan biarkan sampai air tersisa separuhnya. Dinginkan air rebusan, saring. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas

4. Resep Jamu Tradisional Madura untuk Detoksifikasi Darah

Bahan
Temu Ireng 15 gram kering
Temu lawak 15 gram kering
Kayu secang 15 gram kering

Cara membuat
Rebus semua bahan dalam 3 gelas air dengan api kecil sampai mendidih. Setelah air rebusan tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan, lalu saring. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas. Minum secara teratur selama dua minggu.

5. Resep Jamu Tradisional untuk Meningkatkan Vitalitas Suami Isteri

Bahan
Adas 15 gram kering
Daun pepaya 15 gram kering
Kunyit 5 gram kering
Kuning telur ayam kampung 2 butir
Madu murni 2 sendok makan
Lada kering 2 gram kering

Cara membuat
Semua bahan dihaluskan dan disaring halus, seduh dengan air mendidih sebanyak satu gelas dan disaring. Bagi hasil saringan menjadi dua, masing-masing setengah gelas. Setelah agak hangat tambahkan masing-masing gelas dengan sebutir kuning telur ayam kampung dan garam secukupnya. Aduk sampai rata, kemudiana diminum.

Tips Membeli Obat atau Jamu Tradisional

Dengan menjamurnya produk obat atau jamu tradisional maka sebagia konsumen kita perlu waspada. Sebab seringkali ditemukan beragam obatan yang tidak memiliki ijin dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan agar tidak salah pilih.

  1. Perhatikan nama jamu/ramuan tradisional
  2. Pilih yang tidak mengandung zat pewarna, hormon sintetis serta alkohol.
  3. Perhatikan kemasan. Belilah hanya yang sudah terdaftar di Depkkes RI dengan cara memeriksa label pengesahan pada kemasan jamu instant.
  4. Lihat nomor pendaftaran, nama, dan alamat industri.
  5. Perhatikan komposisi bahan baku.
  6. Perhatikan peringatan dan kontra indikasi.
  7. Lihat nomor kode produksi.(*)

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

 

LEAVE A REPLY