Cari Tahu Resep Membuat Kue Pancong Modifikasi

0
212
kue pancong
Ilustrasi Kue Pancong - Dok. Mahligai

Ketika menyebut kue pancong, mungkin yang terbesit dipikiran Anda ialah makanan berbahan tepung beras bercampur santan yang memiliki cita rasa gurih. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa jajanan tradisional asal Betawi yang populer saat ini merupakan kue pancong hasil modifikasi. Sayangnya, mungkin hanyalah orang tua kita dahulu yang sempat menikmati kudapan tradisional asli Betawi tersebut.

Dilansir dari detikfood, rasa kue pancong asli Betawi sebenarnya cenderung lebih mirip kue cubit. Namun dari segi tampilan, baik yang asli maupun modifikasi tetap sama-sama berbentuk setengah lingkaran dan dimasak di atas loyang berbentuk papan panggilasan.

Daerah lain di nusantara ternyata juga memiliki jajanan tradisional yang mirip dengan kue pancong. Di Bandung misalnya, dikenal dengan nama bandros. Sementara jika Anda berkunjung ke Bojonegoro, di sana kue pancong dikenal dengan nama tratak jaran. Lain lagi dengan orang Bali yang memberi nama kue berwarna putih ini dengan daluman. Nah, agak sedikit berbeda dengan kue pancong yang memiliki taburan gula pasir, “arek Suroboyo” sendiri lebih familiar dengan kue rangin yang menggunakan selai dari gula merah.

Terlepas dari istilah kue pancong di berbagai daerah Nusantara tersebut, kehadiran kue ini di Jakarta kini sudah semakin langka. Lebih baik Anda menjajal sendiri resep kue pancong modifikasi dengan resep berikut ini. Selamat mencoba!

Bahan – Bahan 

-150 gr Tepung Beras
– 200 cc Santan
– 2 lembar Daun pandan
– 1 sdt garam
– 100 gram Kelapa Parut
– 200 cc Air
– 1 butir Telur

Cara Membuat Kue Pancong:

– Mulai dengan masak 50 gram tepung beras bersama santan, daun pandan dan garam. Kemudian aduk semua bahan tersebut hingga rata dan mengental.

– Campur 100 gram tepung beras bersama kelapa parut. Aduk rata. Tuangkan adonan tepung beras yang telah dimasak. Lalu masukan air dan telur. Aduk kembali hingga rata.

– Panaskan cetakan kue pancong. Oleskan minyak sebelum menuangkan adonan.

– Tuang dua sendok makan adonan lalu letakkan cetakan diatas api.  Kemudian bakar sampai matang. Pastikan cetakan selalu ditutup selama di atas api.

– Setelah memastikan adonan matang, angkat dan sajikan kue dengan taburan gula pasir.

 

 

Teks. Tim Mahligai Indonesia

LEAVE A REPLY