Tujuh Ramuan Mujarab Berbahan Kopi Untuk Cantik Alami

0
119
RESEP KOPI
Foto - Dok. Mahligai

Selain menikmati sedapnya rasa kopi yang khas. Anda pecinta kopi, juga akan memperoleh segudang manfaat kopi yang baik untuk kesehatan. Tidak hanya itu, beberapa ramuan yang berasal dari biji atau ampas kopi, ternyata dipercaya mujarab untuk perawatan kecantikan. Bahkan, beberapa pusat spa menggunakan kopi sebagai bahan utama untuk treatment mereka.

Bila Anda tidak sempat pergi ke spa untuk memperoleh manfaat kecantikan alami dari kopi, cobalah meracik sendiri di rumah. Beragam manfaat perawatan dari ujung kepala hingga ujung kaki bisa Anda dapatkan dengan menggunakan secara rutin ramuan kopi berikut ini.   Selamat mencoba!

1. Ramuan untuk Hilangkan Selulit
Merasa terganggu dengan selulit di tubuh? Gunakan ramuan ampas kopi yang dicampur minyak zaitun. Gunakan campuran tersebut dengan mengoles ke selulit. Setelah itu bungkuslah daerah yang telah diolesi dengan plastik dan biarkan selama lima menit. Lakukan proses ini selama dua kali seminggu, untuk memudarkan selulit.

2. Ramuan untuk Merilekskan Wajah
Mungkin Anda pernah mendengar cara merawat wajah dengan uap air panas. Hampir mirip dengan cara tersebut, Anda bisa menambah kopi pada air panas yang dituang dalam wadah besar. Hadapkan wajah pada wadah, kemudian tutupi kepala dengan handuk. Rasakan sensasi rileks pada wajah. Jika ingin lebih harum tambahkan minyak zaitun atau aromaterapi.

3. Ramuan untuk Menyegarkan Wajah
Cara lain merilekskan wajah ialah dengan meracian segelas kopi tanpa gula lalu masukkan ke dalam cetakan es batu. Kemudian, bekukan di dalam freezer hingga membeku. Lalu, poleskan potongan-potongan es tersebut ke wajah Anda seperti lotion.

4. Ramuan untuk Merawat keindahan kaki
Untuk merawat keindahan kaki, gunakan ramuan berbahan ampas kopi, garam, baby oil dan ekstrak vanila. Cara membuatnya, tambahkan garam secukupnya ke dalam campuran ampas kopi, baby oil, dan 3-4 tetes ekstrak vanila. Kemudian semua bahan diaduk sampai merata. Diamkan bahan terlebih dahulu, simpan di lemari es agar tahan lama. Gosokkan pada bagian kaki yang kasar dengan batu apung dan jangan lupa oleskan lotion setelah perawatan.

5. Kopi sebagai bahan lulur.
Campur ampas kopi dengan putih telur, coklat bubuk atau susu murni. Lulurkan pada seluruh bagian tubuh. Selain membuat kulit bersinar dan lembut, aroma ramuan ini juga membuat Anda percaya diri.

6. Ramuan untuk Masker 
Campurkan serbuk kopi dengan satu sendok tepung gandum dan kuning telur lalu aduk hingga kental. Anda bisa menggunakan dua sendok ampas kopi dengan susu murni bila tidak menyukai bau telur, usahakan jangan terlalu encer atau kental. Aplikasikan masker kopi tersebut pada area wajah dan leher, lalu pijat secara perlahan. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15-30 menit agar masker meresap lalu bilas dengan air hangat.

7. Ramuan Untuk Menyehatkan Rambut
Campurkan dua kuning telur, satu sendok rum, dan dua sendok air hangat, kemudian tambahkan satu sendok kopi bubuk dan minyak sayur, lalu aduk. Oleskan masker tersebut ke rambut Anda, diamkan hingga 5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Gunakan secara rutin untuk memperoleh manfaat rambut yang hitam dan sehat.*

Tim Mahligai-Indonesia

LEAVE A REPLY