Aneka Pilihan Menu Sate Khas Nusantara

0
59
sate lilit bali
Sate Lilit Bali - dok. majalah mahligai

Siapa yang tak tergiur dengan kelezatan sate? Kuliner berupa potongan daging yang ditusuk pada sebilah kayu atau lidi ini memang tergolong unik. Ditambah dengan taburan bumbu khas, cita rasa sate pun semakin menggiurkan. Paling pas bila mengonsumsi sate sebagai teman nasi atau lontong. Tak ayal bila sate masuk dalam daftar makanan paling enak di dunia versi CNN.

Ternyata ada banyak olahan sate khas dari beberapa daerah di Indonesia. Tentu saja dengan cita rasa dan proses pembuatan yang berbeda. Jadi, untuk Anda penggemar sate, sudahkah mencoba aneka jenis sate khas Nusantara berikut ini?

Sate Madura

Jenis sate ini mungkin yang paling mudah ditemui di kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya. Meskipun berasal dari Madura, konon sate madura sendiri susah ditemukan di daerah asalnya. Biasanya sate madura dijual dengan dua pilihan daging yakni ayam atau kambing. Sate akan dibubuhi bumbu kacang yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, gula merah, dan kecap manis.

Sate Padang

sate padang
Sate Padang – wikipedia

Sebenarnya ada tiga macam sate khas asal Sumatera Barat, yakni sate padang, sate padang panjang dan sate pariaman yang memiliki ciri khas berbeda. sate padang menggunakan bahan daging sapi, lidah, atau jerohan dengan bumbu kuah kacang kental. sate padang panjang terkenal akan warna kuah kuning. Sedangkan sate pariaman memiliki kuah berwarna merah.

Dari segi cita rasa, kuliner asal Sumatra Barat ini sangat kaya akan rempah. Pasalnya kuah kaldu yang digunakan juga dicampur dengan 19 macam bumbu rempah seperti cabai. bawang merah, sereh, dan sebagainya.

Sate Buntel Solo

Ciri khas utama sate buntel ada pada pada bahan utama yang menggunakan daging kambing cincang lalu dibungkus dengan lemak kambing sebelum dibakar. Untuk memberi cita rasa lezat, sate buntel dibubuhi bumbu utama berupa merica dan kecap manis. Sate yang juga menjadi kuliner khas Surakarta ini juga menjadi salah satu menu favorit Presiden Joko Widodo. Apakah Anda juga termasuk penggemar jenis sate ini?

Sate Maranggi Purwarkarta

Menurut budayawan, istilah sate maranggi berasal dari nama penjual sate terkenal yang bernama Mak Ranggi. Kelezatan sate buatannya inilah yang pada akhirnya membuat warga setempat menyebut sate maranggi.

Kunci dari cita rasa lezat sate maranggi ada pada teknik pengolahannya yang berbeda dari jenis sate lain. Lantaran sebelum dibakar, sate lebih dulu direndam dengan aneka rempah  hingga satu hari. Saat dibakar pun, sate kembali dibubuhi bumbu khusus sehingga menguatkan cita rasa.

Sate Lilit Bali

sate lilit bali
Sate Lilit Bali – dok. majalah mahligai

Kuliner khas Pulau Dewata ini, menggunakan dibuat dengan sembilan jenis bumbu dapur yang dicampur ke dalam cacahan daging atau ikan. Selain bawang putih dan bawang merah, kenikmatan citarasa sate lilit juga dihasilkan dari perpaduan bumbu rempah ketumbar, kemiri, lada, daun jeruk, pala, jintan, jahe serta kunyit.

Sate lilit biasanya disajikan bersama tiga macam saus. Selain saus kacang, kuliner ini juga lebih asyik disantap bersama saus lada hitam serta sambal dabu-dabu. Rasa rempah yang kuat pada sate lilit ini begitu pas untuk ‘menghangatkan’ tubuh di saat cuaca mendung atau hujan. Apalagin disajikan selagi masih hangat.(*)

Teks. Tim Mahligai Indonesia

 

LEAVE A REPLY