Sate Klopo Ondomahen Ny.Asih, Kuliner hits di Surabaya

0
119

Saat Anda menjejaki kaki ke Surabaya, sempatkanlah mencicipi sate Klopo. Konon, kuliner ini begitu hits di Surabaya.

Letaknya di jalan Walikota. Jangan takut nyasar, karena supir-supir taksi biasanya sudah familiar dengan tempat ini dan pastinya akan dengan senang hati mengantar Anda.

Satu hal yang paling penting adalah, jangan mengujungi tempat ini saat jam makan siang, karena akan sangat dipadati pengunjung. Anda harus rela untuk menunggu di luar hingga benar-benar ada tempat yang kosong.

 Proses Membuat Sate Klopo

Foto: Very Barus
Foto: Very Barus

Ada dua jenis sate yang ditawarkan di sini, sate ayam dan sate klopo sapi. Tapi yang terkenal adalah sate klopo sapi. Sama seperti sate-sate lain, proses pembuatannya dengan cara dibakar. Lantas apa yang membuat sate ini menjadi hits?

Sebelum di bakar ke tungku, terlebih dahulu, sate dibaluri dengan beberapa bumbu rasa yang sudah diolah. Kemudian, setelah daging ditusuk ke tusukan sate,  daging tersebut dibalurin dengan kelapa yang sudah disangrai (serundeng)) secara merata. Setelah dibaluri, lalu, sate dipanggang  atau dibakar di atas tungku.

Proses pembakaran sering membuat asap memenuhi warung. Tidak jarang pengunjung yang sedang menikmati makan sate disitu matanya kelilipan karena asap.

Foto: Very Barus
Foto: Very Barus

Setelah dibakar dan diyakini dangingnya sudah empuk, kemudian sate-sate tersebut dipindahkan ke piring kecil sesuai dengan pesanan. Lalu  sate ditaburi bumbu kacang, kecap, cabe iris dan bawang. Agar rasanya semakin terasa, cabe yang ada di bawah  tumpukan sate harus diulek-ulek terlebih dahulu biar pedasnya lebih terasa.

Sajian sate ini nikmat disajikan dengan lontong maupun nasi, tergantung selera Anda.

 

VERY BARUS

LEAVE A REPLY