Biarkan Lidah Merasakan Sensasi Hangat Sedap Tongseng

0
21

Masakan penghangat tubuh setelah Sate Lilit, Soto Padang dan Gulai Kambing, adalah … Tongseng! Siap-siap meraciknya sebagai santapan di rumah?

Makanan khas dari daerah Solo dan sekitarnya ini aslinya sejenis gulai dengan bumbu rempah yang lebih “tajam”.

Cita-rasa sedikit manis dari kecap dipadukan dengan pedas lada dan cabai serta bumbu rempah lainnya menjadi ‘kekuatan’ lezatnya rasa tongseng.

Tongseng pada umumnya memakai daging kambing, meskipun ada pula tongseng daging sapi, kerbau, bahkan ayam.

Sebagai tambahan, ke dalam kuah kental dimasukkan sayuran seperti kol, bawang putih, dan tomat. Bumbu tongseng berupa tumisan dari campuran garam, cabai, bawang putih, kecap, dan lada.

Oh ya, jangan lupa, tambahkan kecap yang memberi citarasa sedikit manis pada tongseng. Biasanya tongseng dijual ‘satu paket’ bersama sate kambing. Sajikan selagi hangat, dengan nasi yang ditaburi bawang goreng.

Bahan:
250 gram daging kambing muda
250 gram daging kambing yang masih ada tulangnya
1 liter santan kental

Bumbu yang dihaluskan:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 cm kunyit
2 cm jahe
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica

Bumbu Tongseng:
2 batang daun bawang ( iris tipis-tipis )
2 batang serai ( memarkan terlebihdahulu )
3 cm lengkuas ( memarkan terlebihdahulu)
3 lembar daun salam tua
Gula pasir putih secukupnya
Garam halus secukupnya
Penyedap secukupnya
kecap secukupnya
2 gelas air putih
minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Potong daging kambing sesuai selera, lalu rebus daging dan tulang kambing selama kurang lebih 20 menit dengan tambahan beberapa lembar daun salam dan batang serai. Angkat daging kambing kemudian saring airnya agar bau kambingnya sedikit hilang.
  2. Rebus kembali daging kambing yang sudah disaring menggunakan air yang baru, masukan daun salam, tunggu hingga daging menjadi empuk, angkat dan sisihkan.
  3. Rebuslah santan kental menggunakan api kecil agar santan tidak pecah. Campurkan serai dan lengkuas kedalam santan, aduk kembali sampai mendidih, kemudian sisihkan.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak menggunakan api kecil, masukkan juga daun salam dan bumbu penyedap lainnya, aduk terus sampai aroma tercium harum.
  5. Tuangkan santan yang telah dicampur serai tadi kedalam tumisan bumbu aduk-aduk hingga merata mulai masukan daging kambing dan tulangnya kedalam bumbu tumisan tadi, usahakan agar daging terendam bumbu semua, kemudian tuangkan kecap manis sesuai selera.
  6. Jika sudah matang angkat tongseng, dan sajikan dalam mangkuk atau piring kemudian taburi dengan irisan daun bawang. Pada mangkuk saji, tambahkan taburan bawang merah goreng serta cabai rawit merah. Sajikan selagi panas.

Badan pun menjadi hangat!

 

 

Tim Mahligai-Indonesia

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here