Slrrp! Cekidot 3 Menu Kuliner Sedap kota Udang Ini

0
37

Dari mata turun ke hati, tak selalu tepat melukis ‘rute’ perasaan cinta yang datang. Bagaimana jika, dari lidah turun ke hati karena menu kuliner khas Cirebon?

Tampaknya ini yang lebih tepat menggambarkan kelezatan aneka hidangan khas Cirebon.

Ada banyak sekali pilihan makanan setempat yang barangkali bisa menjadi pilihan unik dalam daftar menu pesta penikahan nanti.

Kekayaan budaya nusantara membawa keragaman pula pada hidangan masing-masing daerah. Terkadang, jenis hidangannya sama, namun beda cara penyajian dan penyebutan karena perbedaan bahasa.

Dari sekian banyak daerah di bumi Indonesia, Cirebon jadi salah satu daerah yang punya banyak pilihan menu masakan.  Ragam hidangan penggugah selera yang paling top antara lain tahu gejrot, empal gentong, nasi lengkong dan tentu saja, nasi jamblang.

 

 

Tahu Gejrot

Dari sekian makanan khas kota Cirebon, Tahu Gejrot barangkali yang paling populer. Betapa nggak top, makanan berbahan dasar tahu goreng yang kemudian dikucuri semacam saus cuka itu, marak dijual di berbagai daerah mulai dari kelas grobak hingga restoran.

Cita rasa gurih tahu goreng dan saus yang asam, manis sekaligus pedas memang mengugah selera. Cara membuatnya pun sangat mudah.

Cukup mencampurkan tahu goreng dengan saus yang terdiri dari sedikit ulekan cabai rawit, gula merah, bawang putih dan bawang merah yang kemudian diberi sedikit asam Jawa atau cuka yang telah dicairkan.

Oh ya, akan lebih sedap dinikmati saat tahu dalam keadaan panas! Uwaahhhh…

 

 

Empal Gentong

Menyebut Empal Gentong orang akan mengira hidangan ini tak jauh berbeda dengan empal pada umumnya, daging tumbuk berbumbu yang goreng.

Meski namanya empal, sebetulnya lebih mirip soto daging atau jeroan sapi.

Empal gentong bisa disebut gulai sapi khas kota Udang. Seperti gulai pada umumnya, empal gentong berisi daging dan jerohan sapi, serta pekat oleh rasa gurih santan kelapa encer.

Kekhasan hidangan ini terlihat pada warna kuning yang berasal dari kunyit serta aroma ketumbar yang kuat sebagaimana gulai pada umumnya.

Wajar jika ada pula yang menyebutnya kare khas Cirebon. Hidangan empal gentong yang berkuah ini umumnya dinikmati sebagai lauk nasi atau lontong.

Taburan bawang goreng menjadi sentuhan akhir yang menyempurnakan rasa.

 

Baca Wah! Asyiknya Icip-icip Kuliner Negeri Parahyangan

 

Nasi Jamblang

Keunikan kudapan satu ini sudah terlihat dari pembungkusnya. Daun jati. Aroma daun jati membuat nasi putih itu terasa berbeda.

Apalagi bila nasi tadi dibungkus dalam keadaan hangat. Wah, sungguh lezat dan beda banget!

Porsi yang disajikan tak banyak. Dalam satu bungkus terdiri dari satu centong nasi yang dilengkapi dengan lauk seperti telur puyuh, daging sapi atau ayam, serta sambal cabe merah iris.

Nasinya biasa saja, tidak berbumbu. Tapi karena dibungkus dan disajikan di atas daun jati, nasi ini menjadi istimewa. Boleh dibilang, Nasi Jamblang favoritnya jajanan khas Cirebon!

Sekali orang mencicipi nasi jamblang, tentu akan ketagihan. Selain di kota asalnya, nasi jamblang juga mudah ditemukan di ibukota, baik di warung makan, restoran maupun penyedia jasa katering.

Untuk membayar kenikmatan dan sensasi nasi jamblang orang tak harus merogoh kocek terlalu dalam.

Nasi jamblang, termasuk makanan egaliter, bisa dinikmati semua kalangan, mulai dari si papa hingga si kaya, mulai kalangan jelata hingga ningrat.

Untuk menikmati sajian lezat, tidak berarti harus serba mahal, bukan?

 

 

 

 

 

Atika

Properti alas makan koleksi : Duta Mitra ( 021-75911891, 9185436 )

Fotografer : Radline ( 021- 7408597 )

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here