Tujuh Tempat Bubur Ayam Enak di Jakarta

0
1050
http://proto.areamagz.com

APA yang Anda pikirkan tentang semangkuk bubur ayam? Pasti kuah kuningnya yang gurih dipadu dengan kelembutan bubur dan ayam suwir yang menggoyang lidah Anda. Hmmm rasanya sungguh tak terlupakan.

Menyantap bubur ayam paling pas di pagi hari saat sehabis berolah raga. Bubur ayam juga bisa disantap di malam hari saat perut sedang keroncongan. Jadi kuliner ini sebenarnnya bisa disantap kapan aja sesuai dengan selera masing-masing.

Di Jakarta ada 7 tempat bubur ayam yang wajib Anda cicipi. Mungkin salah satu tempat diantaranya pernah Anda datangi. Atau jangan-jangan Anda sudah menjadi pelanggan setianya. Berikut rekomendasi 7 tempat bubur ayam tersebut.

1. Bubur Ayam Senopati
Di Jalan Senopati Raya Jakarta Selatan ada satu tempat bubur ayam yang paling enak. Tempat itu adalah Bubur Ayam Senopati. Bubur ayam yang disajikan disiram dengan kuah kari yang lezat yang berasal dari kaldu ayam. Dijamin tidak ada MSG.

Selain itu topping ayam suwir dalam semangkuk bubur juga banyak. Kalau kurang bisa tambah aneka sate seperti ati ampela, usus, dan lain-lain. Meskipun cuma jualan di gerobak, tapi pengunjung yang datang selalu ramai. Harga per porsinya adalah Rp 30 ribu. Cukuplah buat dimakan semangkok berdua.

2. Bubur Ayam Cikini H. R. Sulaiman
Mungkin Anda pernah datang ke tempat bubur ayam ini. Ya, Bubur Ayam Cikini H.R Sulaiman memang terkenal banget. Lokasinya ada di samping KFC, Menteng, Jakarta Pusat. Bubur Ayam Cikini H.R. Sulaiman terkenal akan topping telur ayam kampung mentah yang dibenamkan di tengah-tengah bubur panas.

Yang bikin istimewanya adalah ada aroma jahe yang keluar dari dalam bubur ayam tersebut. Selain itu bubur ayam yang cukup panas ini mampu membuat telur ayam jadi setengah matang sehingga tidak terasa amis. Harga seporsi bubur ayam sekitar Rp 50 ribu.

3. Bubur Ayam Barito
Tekstur dari Bubur Ayam Barito tidak jauh berbeda dari Bubur Ayam Cikini H. R. Sulaiman, yaitu lembut, tapi tidak terlalu encer. Juga ada tambahan telur yang dimasak setengah matang. Tapi, Bubur Ayam Barito punya keunikan lain, yaitu adanya potongan cakwe dan cheese stick.

Supaya rasanya makin mantap, kamu bisa menambahkan side dish, seperti usus, ampela, hati, dan lain-lain. Bila mau kesini datang aja ke jalan Gandaria Tengah III No. 1, Jakarta Selatan.

4. Bubur Ayam Alfa
Kenapa diberi nama Bubur Ayam Alfa? Soalnya, mereka buka kedai ini di sebelah Alfamart Meruya Ilir (jalan Rukan Taman Aries, Blok H1 No. 4, jalan Meruya Ilir Raya), Jakarta Barat. Enaknya makan bubur di Bubur Ayam Alfa adalah topping ayam suwirnya banyak banget! Dan ayam suwirnya bukan ayam suwir biasa, tapi ayam suwirnya yang sudah diberi bumbu.

Paling mantap jika bubur ayamnya ditambahkan telur ayam kampung setengah matang, emping, dan kacang.

5. Bubur Ayam H. Jewo (Bubur Ayam Tanjung)
Katanya, Bubur Ayam H. Jewo atau yang akrab disebut Bubur Ayam Tanjung adalah langganan keluarga Cendana. Tekstur buburnya gurih, aroma ayam gorengnya khas, dan sambal oncomnya enak! Inilah yang jadi keistimewaan bubur ayam di tempat ini. Kedai ini berada di jalan Taman Cut Mutiah No. 1, Menteng, Jakarta Pusat.

6. Bubur Ayam Sukabumi
Lokasi tempat bubur ayam ini ada di jalan Tebet Dua Dalam II No. 2, Jakarta Selatan. Ada banyak menu yang bisa Anda pilih seperti Bubur Ayam Special, Bubur Ayam Biasa, Bubur Ayam Cistik, atau Bubur Seafood. Tekstur bubur kental dan khas. Makin mantap karena topping-nya juga banyak, seperti ayam, seledri, cakwe, dan lain-lain. Harga per menu di sana adalah sekitar Rp 20 ribu.

7. Bubur Angke
Kalau lagi di kawasan Jelambar, cobalah mampir ke bubur ayam bergaya oriental Bubur Angke. Lokasinya ada di Komplek Taman Harapan Indah Blok BB No. 4, Jalan Pangeran Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta Barat. Nikmatnya bubur di sana adalah karena ayam digunakan adalah ayam pek cam kee (ayam rebus khas China) yang memiliki daging empuk dan aroma bawang putih yang khas.
bubur-angke

Sedangkan buburnya sedikit encer dan rasanya gurih. Selain bisa menikmati bubur dengan ayam rebus, Anda juga bisa menikmatinya dengan usus ayam rebus.

ALI IMRON H

LEAVE A REPLY