Deretan Busana Ramah Lingkungan Karya Emmy Thee dalam Jakarta Fashion Trend 2020

0
25
Foto: Dok Jakarta Fashion Tend

Isu kemanusiaan maupun gerakan kepedulian lingkungan hidup, semakin santer digaungkan. Tak terkecuali pada industri fashion tanah air. Mengangkat tema Fashion Revolution, ajang Jakarta Fashion Trend 2020, menunjukkan kepedulian terhadap isu-isu kemanusiaan dan lingkungan hidup tersebut.

Fashion bukan hanya tentang sebuah baju tetapi kepedulian yang ada menyertainya. Kualitas busana yang baik, kepedulian terhadap para pekerja yang terlibat, baik penjahit, pengrajin, dll dan juga termasuk kepedulian terhadap isu-isu lingkungan.

Slogan “who makes your cloth” menggambarkan kepedulian kepada tenaga-tenaga di industri ini (penjahit, pengrajin, dll), “good design is sustainable design menggambarkan bahwa pembuatan suatu busana yang bermutu akan memiliki kekuatan keberlangsungan yang lebih tinggi.

Dan fashion shouldn’t cost the earth menggambarkan kepedulian terhadap lingkungan, baik dari sisi pemakaian bahan daur ulang atau limbah, dan juga dgn beralih dari  menggunakan packaging plastik ke packaging yang eco friendly misalnya.

Salah satu desainer yang turut ambil bagian dalam ajang ini adalah Emmy Thee. Ia menghadirkan deretan busana ramah lingkungan. Disebut demikian karena ia tidak memotong bahan yang digunakan dalam rancangannya. Sehingga tidak menyisakan sampah bagi alam.

“Kami mengambil sebuah langkah kecil dalam revolusi fashion sebagai upaya membantu menjaga kelestarian bumi agar tetap menjadi rumah bagi semua makhluk. Upaya ini terwujud dalam penerapan konsep zero waste design serta menggunakan tekstil pewarnaan alam karya pengrajin negeri kita,” tutur Emmy Thee.

Ia juga menggunakan motif tatto Mentawai yang dibuat dengan teknik rangrang dan songket dengan pewarna alam serta tenun daun ulap doyo Kaltim dengan pewarna alam.

Delapan karya yang ditampilkan itu berupa busana bersiluet asimetris, drapery dan oversize dengan perpaduan warna hitam, offwhite, charcoal cokelat, abu, navy dan dusty pink.*

Teks: Theresia Triomegani
Foto: Dok. Jakarta Fashion Trend

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here