Siap Ditawan Keunikan Eksistensi Batik Cirebon?

0
90

Banyak orang suka pakai batik karena keunikan motifnya. Dan motif serta warna batik Cirebon jadi salah satu pilihan. Seberapa seru eksistensi batik Cirebon?

Jika kamu belum ngeh banget dengan batik Cirebon, ada dua macam ragam hias batik Cirebon, yakni batik pesisir yang dipengaruhi China, dan keraton yang banyak dipengaruhi kebudayaan Hindu dan Islam.

Perbedaannya?

Batik pesisir, motifnya banyak ditandai dengan gambar flora dan fauna, seperti binatang laut dan darat, ikan, pepohonan, daun–daunan. Persis mengambi atmosfir dan pernak-pernik daerah pesisir.

Sedang batik keraton motifnya cenderung berupa ornamen berupa batu–batuan (wadhasan), mega mendung, kereta singa barong, naga seba, taman arum dan ayam alas.

Lebih suka pakai yang mana?

Kekerenan Batik Cirebon memang khas dan menawan
(Foto: Bhinneka Shuttle)

Tentunya itu balik lagi ke selera masing-masing, loh…

Batik pesisiran juga lebih dikenali dari warna-warninya yang cerah, seperti merah, merah muda, biru langit, dan hijau pupus. Dan ya, karena daerah pesisir yang panas, warna cerah jelas jadi solusi agar kulit jadi tak terlalu merasakan panasnya.

Selain itu, gambar motifnya juga lebih bebas, melambangkan kehidupan masyarakat pesisir yang egaliter, seperti gambar aktivitas masyarakat di pedesaan atau gambar flora dan fauna yang memikat.

Baca juga Menyusuri Daya Pikat Batik Cirebon yang Tersohor

Batik pesisiran menjadi pilihan favorit bagi mereka yang berjiwa muda dan dinamis, serta lazim dikenakan untuk acara semi formal.

Bagaimana dengan batik Keraton?

Batik keraton lazim dikenakan banyak orang khusus untuk acara-acara adat atau seremonial. Ya, sesuai dengan namanya yang khas.

Oh ya, untuk pengantin adat Cirebon Pangeranan sendiri menggunakan batik bermotif singa barong berwarna hijau. Motif ini dulunya jadi simbol status sosial, untuk menunjukkan kalau mempelai berasal dari kalangan bangsawan.

Sementara pengantin adat Cirebon Kebesaran menggunakan motif singa barong, patran, wadhasan, kangkungan, mega mendung, dengan warna dasar coklat, hijau muda, kekuning-kuningan, dan corak motif batik warna hijau dan wadhasan warna biru dan hijau.

Salah satu ciri khas batik asal Cirebon yang tak ditemui di tempat lain adalah motif Mega Mendung.

Keistimewaannya?

Motif berbentuk seperti awan bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama. Menurut penelusuran sejarah, motif Mega Mendung tersebut didapat dari pengaruh keraton-keraton di Cirebon.

Nah, motif batik Cirebon mana yang kira-kira paling kamu suka untuk dipakai?

 

 

 

Teks & Foto: Paulus Emas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here