Wah! Ini Toh Prosesi Jika Sang Adik Langkahi Sang Kakak

0
326

Dalam tradisi masyarakat timur, bila seorang adik melakukan pernikahan mendahului sang kakak, maka diharuskan melakukan serangkaian adat atau prosesi tertentu. Tujuannya?

Tujuannya, selain untuk melancarkan pelaksanaan pernikahan, juga agar sang kakak bisa enteng jodoh.

Dalam budaya timur, urutan kelahiran dan usia masih menjadi patokan untuk menentukan siapa yang lebih dulu menikah. Meski demikian, tak jarang terjadi sang adik sudah siap dilamar oleh sang kekasih, sementara sang kakak masih ‘menjomblo’.

Bagaimanapun juga, di masa modern, tentu pihak keluarga terutama kedua orang tua akan memberikan lampu hijau kepada sang adik yang telah nemukan jodoh untuk menikah terlebih dahulu.

Bukan berarti persoalan demikian sederhana, sehingga berjalan begitu saja. Dalam tradisi nusantara, seperti Jawa, Sunda, Batak atau Sumatra Barat, ada serangkaian prosesi adat yang mesti dilaksanakan apabila seorang adik akan menikah mendahului sang kakak.

Selain bermaksud untuk meminta restu dan kerelaan hati sang kakak, prosesi ini juga diharapkan bisa memberi kelancaran dalam pernikahan yang akan dilakukan sang adik.

Oh ya, serangkaian prosesi langkahan juga sebagai simbol sebuah harapan agar sang kakak juga segera mudah menemukan jodohnya. Bisa dipahami, dalam kepercayaan masyarakat timur, bila kakak ‘dilangkahi’ oleh adiknya menikah, bisa-bisa akan sulit jodoh.

Dalam tradisi Jawa, prosesi tersebut biasa disebut Langkahan. Langkah berasal dari kata langkah (Jawa) yang arinya melompat. Dalam tradisi Langkahan ini diwajibkan seorang adik yang melangkahi (melewati) memberikan tanda mata kepada kakaknya.

Tanda mata atau pelangkah biasanya disesuaikan dengan keinginan atau permintaan sang kakak.

Baca juga Ini Keseruan Pernikahan Antara Dua Budaya!

Lazimnya, tanda mata Langkahan berupa seperangkat pakaian lengkap, sesuai dengan apa yang di minta. Dalam tradisi tertentu, apabila yang dilangkahi adalah saudara laki-laki maka sang adik wajib memberi emas berupa cincin emas.

Pemberian pelangkah ini bukan sebagai ‘ganti rugi’, melainkan dimaknai sebagai penghormatan seorang adik, serta tanda kebesaran hati dan ketulusan seorang kakak kepada adik kandungnya.

 

Piranti & Sesaji

Prosesi langkahan dilaksanakan sebelum calon pengantin melakukan serangkaian prosesi adat pernikahan. Acara Langkahan hanya dihadiri oleh  anggota keluarga dan kerabat dekat. Biasanya dilakukan pada pagi hari sebelum dilakukan upacara siraman.

Dalam tradisi Jawa, prosesi langkahan menyertakan sejumlah perangkat dan sesaji. Masing-masing piranti sesaji memiliki makna yang baik dan harapan supaya selamat dan jauh dari marabahaya.

 

Perlengkapan Langkahan:

Tumpeng golong: tumpeng kecil terbuat dari nasi putih, dimaksudkan sebagai sebuah gunung yang melambangkan keluhuran budi pekerti dan kerelaan hati.

Ayam utuh bakar: melambangkan agar orang yang mengikuti ritual ini menjadi orang yang terpandang. Ayam dibakar dengan makna membakar habis kesalahan-kesalahan pada masa lalu.

Air dengan bunga telon: air dengan bunga telon (mawar merah, mawar putih, dan kenanga) melambangkan kesejukan yang akan mengharumkan nama bagi orang yang melaksanakan ritual langkahan.

Tebu wulung: tebu dalam tradisi Jawa bermakna kemantapan hati. Tebu berwarna hitam (tebu wuluh) dipergunakan sebagai tongkat yang bermakna pegangan hidup, bahwa manusia harus memiliki pegangan hidup agar hidupnya terarah.

Tata cara

Calon mempelai yang mengenakan busana kebaya mengucapkan salam kepada kakaknya yang duduk diapit oleh kedua orang tua.  Setelah mengucapkan serangkaian kata yang intinya menyampaikan permohonan maaf dan meminta ijin untuk melaksanakan pernikahan, sang adik memberikan ‘tanda mata’ atau ‘pelangkah’ kepada kakaknya. Sebagai simbolisasi bahwa kakak memberi izin kepada adiknya, dilakukan dengan cara membimbing sang adik berjalan sambil memegang tebu yang telah dilengkapi ayam panggang, kemudian sang adik melangkahi tumpeng sesaji sebanyak tiga kali.

 

 

 

Dwi Ani Parwati

Foto: Dok. Puspita Martha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here