Mitos Seru di Balik Tempat-Tempat Favorit untuk Foto Pre Wedding di Bandung

0
457
Mitos
Ranca Upas-Foto: Instagram Ranca_upas

Indonesia memiliki pesona alam yang luar biasa indahnya. Bila menelusuri lebih dalam lagi, pemandangan yang kita punya tidak kalah dengan yang dimiliki negeri lain kok. Dan pastinya kalau kamu  melakukan pre-wedding dengan latar belakang pemandangan panorama Kawah Putih maupun Gunung Bromo hasil fotonya akan semakin istimewa.

Salah satu yang menjadi favorit spot prewedding photo adalah Bandung. Tepatnya di Kawah Putih, Tebing Kraton, Ranca Upas, dan Curug Penganten. Menjadi favorit karena alam nya begitu indah.

Namun, tahukah kamu bila dibalik keindahan tempat-tempat tersebut, tersimpan mitos seru?

Tebing Keraton

Mitos
Tebing Kraton-Foto: Instagram : -mulkisalman

Tebing Keraton baru menjadi terkenal beberapa tahun terakhir ini, sebelumnya tidak ada yang tahu mengenai tempat ini. Pemandangan yang disuguhkan pun luar biasa indahnya sehingga menjadikan tempat ini laris sebagai objek wisata terutama pada saat sunrise dan sunset.

Awal mula tempat ini diberi nama Tebing Keraton pun cukup membuat bergidik. Dikatakan ada beberapa orang yang kesurupan saat mengunjungi tempat ini dan melihat bahwa tempat tersebut adalah sebuah keraton, orang yang kesurupan tersebut juga meminta sesajen kepada warga setempat serta meminta agar tebing tersebut dinamakan Tebing Keraton karena merupakan keraton para lelembut.

Kawah Putih

Sesuai namanya, Kawah Putih adalah sebuah cekungan hasil letusan gunung yang terisi air. Warna airnya yang kebiruan dan tanahnya yang putih keabu-abuan membuat tempat ini salah satu tempat favorit untuk foto pre-wedding. Meskipun ramai pengunjung, ternyata penduduk sekitar tidak berani menyambangi Kawah Putih apabila malam tiba.

Mereka percaya bahwa Kawah Putih merupakan tempat berdirinya sebuah kerajaan makhluk halus yang menjaga tanah Sunda dan sang raja bertahta di atas Kawah Putih. Bahkan burung pun tak ada yang berani terbang melintas diatas Kawah Putih. Meski memiliki kisah yang cukup menyeramkan, pesona Kawah Putih tetap menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Ranca Upas

Mitos
Ranca Upas-Foto: Instagram Ranca_upas

Tempat ini merupakan tempat favorit untuk berkemah sekaligus memberi makan rusa-rusa di penangkarannya. Selain menjadi destinasi wisata pada umumnya, para calon pengantin yang merupakan pecinta hewan pun biasanya tidak akan melewatkan foto bersama para rusa-rusa jinak yang ada disini.Nama Ranca Upas sendiri tidak lepas dari mitos yang ada di masyarakat setempat.

Dikisahkan bahwa dulunya Ranca Upas adalah rawa-rawa atau ranca, dan pada jaman Belanda, seorang kompeni bernama Upas ditugaskan untuk menjelajahi rawa-rawa tersebut. Namun, dia meninggal dan jasadnya tak pernah ditemukan. Jadilah nama Ranca Upas. Menurut cerita, sosok Upas masih suka menampakan diri pada para pengumpul kayu bakar.

Curug Panganten

Mitos
Curug Pengantin-Foto: Instagram arieramdanii’s

Curug yang indah ini memiliki dua air terjun yang letaknya saling berdekatan. Selain keunikan tersebut, curug ini juga semakin terlihat indah ketika terkena sinar matahari. Pantaslah tempat ini menjadi salah satu destinasi foto pre-wedding bagi para calonpengantin. Nama Curug Panganten sendiri memiliki banyak cerita. Ada yang bilang bahwa nama itu karena air terjun yang berpasangan, ada juga yang bilang karena banyak pasangan yang memilih tempat itu sebagai latar foto pre-wedding mereka.

Namun ada juga cerita menyeramkan di Curug Panganten. Menurut cerita, ada sepasang calon pengantin yang menghabiskan waktu bersama di curug tersebut dengan naik perahu kecil, karena tidak hati-hati perahu mereka tenggelam dan jasad mereka tidak dapat ditemukan.

Itulah cerita-cerita yang ada mengenai tempat tersebut. Terlepas dari mitos yang ada, tempat-tempat wisata tersebut tetap menjadi daya tarik bagi Kota Bandung.

Penulis: Mellisa Veronica

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here