4 Keseruan Hangatnya Wedang Pekak, Minuman Tradisional Asal Demak Ini

0
598
Foto: resepkoki

Minuman tradisional memang jadi pilihan utama saat cuaca dingin menggigit. Lupakan kopi atau susu sejenak, saatnya menyeruput Wedang Pekak. Minuman tradisional asal Jawa Tengah, tepatnya Demak, bernama Wedang Pekak.

Apakah itu sejenis Wedang Jahe?

#1  Beda dengan Wedang Jahe

Meski sama-sama punya sebutan ‘wedang’ di depannya, tapi minuman hangat satu ini punya karakteristik yang berbeda dengan Wedang Jahe. Karakteristik berbeda karena bahan-bahan yang dipakai untuk membuatnya. Alhasil, jangan sampai kecele, loh…

#2  Bahan Pembuatnya

Yang membuat minuman jadi terasa berbeda baik dari rasa dan sensasi saat meneguknya adalah bahan-bahan pembuatannya. Seperti Wedang Pekak ini. Wedang Pekak terbuat dari daun pekak, serai, daun pandan, cengkeh, merica bubuk, kayu manis, gula putih dan jahe. Ya, ada jahe juga!

Baca juga: Yuk, Jauh-Jauh dari Penyakit Jantung dengan 5 Rempah-Rempah Tradisional Ini

 

Foto: nelyeka

#3  Proses Pembuatan yang Simpel

Pembuatan minuman hangat tradisional ini terbilang simpel. Semua bahan di atas direbus dalam air hingga air mendidih. Setelah mendidih, silahkan mengaduknya hingga bahan-bahan luruh jadi merata, lalu setelahnya diangkat dan disaring. Oh ya, jika gula pasir terlalu riskan untuk tubuh, kita boleh menggantinya dengan gula merah atau gula batu.

#4  Bisa Dikombinasi dengan Minuman Lain

Meski masuk dalam hitungan minuman hangat yang berbeda dengan minuman hangat tradisional atau modern lainnya, Wedang Pekak dapat juga dicampur dengan kopi, susu, teh dan juga air jeruk nipis. Ini demi menambah rasa dan sesuai selera tersendiri buat kita.

Tentu saja, sekali lagi minuman tradisional asal Demak ini paling cocok dikonsumsi saat cuaca dingin. Apalagi kalau bukan selain karena hangatnya tapi juga rasanya yang agak pedas berkat campuran rempah-rempah di dalamnya.*

 

Penulis Orlando

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here